Masjid Istiqamah Siapkan Takjil 1000 Porsi Lebih Setiap Hari Selama Ramadhan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com– Menyiapkan takjil untuk berbuka puasa merupakan hal yang rutin dilakukan oleh sejumlah masjid di Kota Balikpapan. Seperti halnya di Masjid Istiqamah yang berada seputaran lapangan merdeka, Kecamatan Balikpapan Kota.

Namun yang berbeda, masjid ini menyiapkan takjil lebih dari 1.000 porsi. Bahkan ketika akhir pekan, takjil yang disiapkan bisa mencapai 1500 porsi takjil berbuka puasa.

“Alhamdulillah ya senang banyak yang berbuka disini. Turut meramaikan masjid. Agak kewalahan memang kalau akhir pekan,” kata Solehudin– Koorinator Buka Puasa dan Sahur Kegiatan Ramadhan Masjid Istiqamah pada Sabtu (18/05/2019).

Setiap hari selama Ramadhan, kata Soleh, panitia membeli 1400 kue aneka jenis untuk dihidangkan sebagai takjil. Selain itu, pihaknya juga menerima sumbangan kue dari warga sekitar ring satu Masjid Istiqamah. Dalam satu hari sumbangan kue berjumlah 100 sampai dengan 200.

“Ring satu seperti pelayaran, perapatan, serobong. Ada juga dari jamaah lain. Termasuk sumbangan berupa air mineral kemasan, gula, teh dan sebagainya,” kata Soleh.

Satu porsi takjil di Masjid Istiqamah, terdapat dua jenis kue ditambah dengan tiga butir kurma. Panitia juga siapkan lima alternatif pilihan minuman bagi jamaah iftar. Dua minuman hangat berupa teh manis dan susu, dua minuman dingin berupa syrup rasa jeruk dan rasa leci dan air mineral. Semua bisa dinikmati seluruh jamaah secara gratis.

Soleh menyebutkan, sampai dengan Ramadhan ke-13 pihaknya sudah belanja keperluan takjil sejumlah Rp. 83 juta lebih. Belanja terbesar adalah membeli kue atau jajanan. Sampai Ramadhan ke -13 pihaknya juga sudah membagikan sekitar 20 Kg kurma dan menggunakan 150 Kg gula pasir.

“Air minum dalam galon Alhamdulillah kita juga dapat dari Pertamina itu 10 sampai 15 galon. Kita taruh di beberapa titik buat jamaah yang membawa tumbler sendiri. Air minum kemasan gelas juga kita siapkan dan itu juga ada dari donatur,” ujarnya lagi.

Baca juga ini :  Kemenkes Terbitkan Surat  Edaran Kewaspadaan Cacar Monyet

Selain berbuka puasa bersama, selama Ramadhan Masjid Istiqamah juga menggelar dialog jelang berbuka. Setiap hari pembicara yang diundang silih berganti dengan tema dialog yang berbeda setiap harinya. Sehingga jamaah juga mendapatkan tambahan pengetahuan keislaman, sembari menunggu waktu untuk berbuka.

Suasana yang nyaman dan sejuk serta lokasi masjid yang cukup strategis, menjadikan masjid ini cukup dipadati jamaah baik untuk berbuka puasa maupun salat teraweh.

Untuk mengimami jemaah salat teraweh dan memberikan tausiyah, masjid ini mendatangkan ustadz lokal dan juga mendatangkan imam atau sheikh dari Timur Tengah seperti dari Yaman dan Palestina.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.