Media Jajal Wuling Air Ev, Rasakan Kenyamanan dan Kemudahan Berkendara Mobil Listrik

TANGERANG, Inibalikpapan.com – Sebanyak 36 media dari 12 kota di Indonesia berkesempatan mengunjungi pameran otomotif (GIIAS) 2022 di convention center Bumi Serpong Damai (BSD) bersama PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia selama dua hari (15-16 Agustus).

Tidak hanya melihat perkembangan dunia otomotif namun juga melihat langsung termasuk antusias masyarakat Indonesia terhadap kehadiran mobil listrik dari pabrikan Wuling.

Mobil listrik Air Ev pertama pabrikan Wuling diperkenalkan secara resmi pada 11 Agustus 2022 saat pembukaan GIIAS di BSD. Bahkan saat diperkenalkan eksterior mobil pintar ini pada 1 Juni 2022, respon masyarakat sangat tinggi padahal belum diketahui bentuk dan harga dari mobil Air Ev ini.

” Tanggal 1 Juni kita perlihatkan eksterior, design prototip. Itu betul-betul rame. Pertanyaan pengunjung saat itu satu, harganya berapa? Kemudian lima tahun Wuling pas 11 Juli itu kita buka interiornya dan harga perkiraan,” kata Public Relation Manager PT SGMW Motor Indonesia Brian Gomgom bersama Product Planing PT SGMW Motors Danang Wiratmoko kepada media.

Dari tanggal 11 Juli hingga 10 Agustus lalu ada sekitar 1500 pemesanan untuk wuling air ev. “Belum tahu spek dan detail seperti sekarang ini. pemesanan bukan hanya dari dealer tapi pemesanan pun ada dari online,”ucapnya pada hari pertama mendampingi media dari Balikpapan, Makasar, Medan dan Semarang.

Dengan kondisi ini, Wuling yakin akan lebih banyak lagi orang pindah pakai mobil listrik.

“1500 pemesanan ini memang orang Indonesia mulai care dan pindah pakai mobil listrik. Mudahan ini semangat yang sama antara wuling dengan masyarakat buat menghijaukan Indonesia,” katanya.

Pada hari kedua, Selasa (16/8/2022), media dari perwakilan 12 kota di Indonesia berkesempatan menjajal mobil listrik Wuling Air Ev di Nava Park, BSD.

Baca juga ini :  Update 17 Mei 2020 : Nol Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 7 Kasus PDP Baru, 1 Sembuh

Uji kendaraan dibagi dua putaran. Puturaan pertama pukul 10.00 wib 6 wartawan dari Makassar dan Balikpapan menjajal secara bergantian, dua putaran sepanjang 4 km termasuk tanjakan buatan dan rute zig zag. Dalam uji kendaraan ini wartawan mendapatkan penjelasan singkat dan saat berkendara dipandu melalui radio HT.

Dari dasboard Air Ev 4 km menghabiskan 2 persen baterai listrik. Sedangkan putaran kedua akan diikuti 6 wartawan dari Medan dan Semarang pukul 12.00 wib.

Beragam tanggapan disampaikan wartawan usai mencoba. “Teknologi canggih, nyaman dikendarai pas untuk antar sekolah,” Yakin Ahmad dari media pojoksatu Makassar.

Saran dan masukan disampaikan seperti minimalisnya bagasi, dan harga masih relatif mahal.

” Masukan seperti itu . kalau saya bagasi perlu dipertimbangkan untuk lebih luas,” ucap Romdani dari Kaltim Post, Balikpapan.

Soal kenyamanan, meski masuk dalam kategori mobil kota dan kecil namun pengendara bisa merasakan kenyamanan dan keamanannya. ” Nyaman untuk mobil kota,” tambah Yakin.

Air Ev diambil dari istilah udara yang bergerak bebas. ” Air itu udara dan Ev itu elektrik Vihecle. Udara yang bergerak bebas,” ucapnya.

Soal hemat, sudah pasti karena sekali charge mampu menempuh jarak 300 kilometer dengan biaya Rp45,400. Bandingkan mobil konvensional yang butuh biaya lebih besar untuk penggunaan BBM terutama Ron 92.

” Kapasitas baterai 26,7 kwh atau hitung -hitungan kasarnya sekali charge penuh butuh uang Rp45,400 untuk menempuh jarak 300 kilometer,” ungkap Product Planing PT SGMW Motors Danang Wiratmoko saat bincang-bincang dengan media.

Bahkan untuk biaya perawatan mobil wulling Air ev ini sampai 100 ribu km hanya Rp 3,9 juta. Terhitung sangat kompetitif untuk biaya perawatannya, dan ini bisa mendorong percepatan penggunaan mobil listrik di Indonesia.

Baca juga ini :  Bertemu Delegasi Bank Dunia, Presiden Singgung Ibu Kota Negara Nusantara

“Minimum biaya yang diperlukan untuk mencharge di rumah sekitar 2200 watt atau 220 volt 10 Ampere ini terpisah antara rumah tangga dengan tegangan listrik untuk mencase mobilnya,”tambahnya.

Pada pembukaan GIIAS 2022, Air Ev memiliki lima varian warna lima yaitu Pristine White, Galaxy Blue, Avocado Green, Peach Pink, Pristine White, Lemon Yellow. Wuling Air Ev memiliki dua varian yakni tipe standar range dan long range. Harga standar Rp245 juta sedangkan long range dijual Rp295 juta.

Wuling sejak Minggu (14/8) dan Senin (15/8) mengundang wartawan dari Jogja, Solo, Bali dan Bandung. Pada Senin-selasa (15-16/8) giliran wartawan dari Balikpapan, Makassar, Medan dan Semarang yang berkunjung ke GIIAS dan mencoba mengendarai Wuling Air Ev.

Selanjutnya pada Kamis – Jumat (18-19/8) giliran wartawan asal Surabaya, Palembang, Manado dan kota Pontianak yang akan berkesempatan mengunjungi stand pameran Wuling dan uji kendaraan mobil listrik Wuling Air Ev yang dirakit di Cikarang, Bekasi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.