Mendagri Ingin Daerah Buat Grand Design, Tangkap Peluang Penyangga IKN

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Guna mendapat masukan dari Kepala Daerah yang ada di Kalimantan Timur, terutama di daerah yang berdekatan dengan Ibu Kota Negara (IKN), Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berkomunikasi dab meminta masukan dengan sejumlah perwakilan daerah, baik Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, PPU dan Paser yang dilaksanakan di Kantor Wali Kota Balikpapan, Kamis (17/2/2022).

“Tujuan kami melaksanakan pertemuan ini untuk mendapatkan masukan baik dari Pak Gubernor, Wali kota dan Bupati serta DPRD yang daerahnya berada disekitar IKN,” ujar Tito Karnavian kepada media, Kamis (17/2/2022).

Tito melihat Kota Balikpapan sangat penting sebagai pintu masuk selam proses persiapan IKN,  dan jadi pintu gerbang utama selain Samarinda. 

“Sebagai pintu gerbang tentunya banyak peluang yang perlu ditangkap termasuk investasi,” kata Tito. 

Untuk itu Tito mengajak daerah-daerah sekitar IKN membuat grand design, misalnya di PPU  mau banguan apa, karena akan banyak investor kesana.
Meskipun APBN akan mensuport,tapi buatkan market yang bisa bangun.

“Begitu juga konservasi teluk Balikpapan juga akan diperhatikan, karena pak Presiden ingin IKN jadi model kota lain ramah lingkungan, 20 persen gedung dan 80 persen wilayahnya daerah hijau,” akunya. 

Selain itu, rata-rata daerah sekitar ingin agar saat bangun IKN, daerah sekitar di bantu juga supaya pembangunan tidak jomplang.

“Tapi saya sampaikan dan suarakan tolong tarik investor masuk ke dalam, kami upayakan PP segera selesai sambil komunikasi dengan pemerintah daerah juga akan sering dilakukan,” tuturnya.

Dengan tujuan percepatan pembangunan IKN, maka kepala otorita harus diberikan kewenangan yang luas sepanjang tidak bertentangan dengan undang-undang. Kewenangan yang menjadi urusan meliputi, kewengan pertahanan keamanan, yustisi, politik luar negeri, fiskal, moneter, serta agama.

Baca juga ini :  Usulan Klub Kompetisi Tanpa Degradasi Dibawa ke Kongres PSSI

“Untuk itu perlu komunikasi baik ke pemprov, pemkab, pemkot, maupun legislatif terkait wilayah yang bertetangga dengan IKN Nusantara,” terang menteri Tito.

Mendagri juga telah menyampaikan pada kepala daerah, mengenai informasi tentang apa yang akan dikerjakan ke depan. termasuk juga mengenai isi PP, pihaknya meminta masukan. Daerah-daerah tersebut antara lain Balikpapan, Samarinda, PPU, Paser, juga Kukar.

“Saya melihat komitmen banyak pihak yang sangat kuat. Ada banyak dukungan, baik dari gubernur, Ketua DPRD, dan seluruh kepala daerah,” terangnya.

Ia menambahkan, Kota Balikpapan akan menjadi gerbang yang sangat penting. Terlebih dengan adanya pintu masuk udara dan laut.

“Sehingga selama masa pembangunan, Balikpapan jadi pintu gerbang utama,” pungkas dia.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.