Mahfud MD / Internews

Menko Polhukam Mahfud Buka Suara Soal UAS Ditolak Masuk Pemerintah Singapura

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat bicara pasca Ustaz Abdul Somad (UAS) ditolak masuk Singapura karena dinilai menyebarkan ajaran ekstremis.

Menurut Mahfud , Pemerintah Indonesia akan mencari tahu melalui jalur diplomatik. Karena kata dia, Pemerintah Indonesia tak mengetahui hukum di Singapura. Sehingga UAS tak boleh masuk.

“Ya, nanti kita cari tahu masalah itu melalui jalur diplomatik. Kita tak tahu hukum yang berlaku di Singapura tentang masuknya pengunjung (turis) dari luar ke negara Singa itu,” ujar Mahfud.

Mahfud menuturkan Pemerintah Indonesia tak bisa mencampuri urusan hukum Singapura. Seperti halnya Singapura juga tak boleh mencampuri urusan hukum Indonesia.

“Kita (Indonesia) tak bisa ikut campur hukum Singapura seperti halnya Singapore tak boleh ikut campur terhadap hukum kita,” kata dia.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK)itu menyebut bahwa Indonesia pernah menolak hukum tentang Anti Asap yang dirilis tahun 2015.

Di dalam hukum itu disebutkan, bahwa Singapura boleh menangkap dan mempidanakan warga negara asing yang membakar hutan yang asapnya menyerang wilayah Singapura.

“Waktu itu ada isu bahwa pembakar-pembakar hutan Indonesia akan ditangkap oleh aparat hukum Singapura karena asap kebakaran hutan di Riau telah mengirim asap yang membahayakan keselamatan rakyat Singapura,” ujarnya

“Kita (Indonesia) tolak mentah-mentah UU tersebut dan tegas tidak mengizinkan Singapura memburu pembakar hutan di wilayah kita. Kita bilang, akan kita tangani dan adili sendiri,” tutur dia.

Kendati demikian lanjut dia, Pemerintah Indonesia akan menyelesaikan melalui jalur diplomatik perihal kasus UAS yang ditolak masuk ke negeri Singa itu.

“Tapi secara diplomatik akan kita jernihkan masalah ini,” katanya.

Baca juga ini :  Webinar BPJAMSOSTEK Kalimantan, Ustad WIjayanto Berbagi Tips

Suara.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.