Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate

Menkominfo Jhonny G Plate Sebut PSE Tak Terkait dengan Data Pribadi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meminta masyarakat tak khawatir, karena pendaftaran penyelenggara sistem elektronik (PSE) tidak terkait dengan data pribadi masyarakat.

Politis Partai Nasdem tersebut, menyatakan, PSE hanya berkaitan dengan data-data dasar, contact person dan alamat dari penyelenggara sistem elektronik.

“Tidak ada aturan terkait dengan data pribadi di PSE selain dari lawfull, data-data yang berkaitan dengan ketetapan atau aturan aturan hukum,” kata Plate di kantor KPU RI, Senin (1/8/2022).

Data-data itupun, kata Plate yang berhubungan dengan hukum. Misalnya ada pelanggaran-pelanggaran hukum di dalam ruang digital yang diminta dalam rangka penegakan hukum, bukan untuk kepentingan yang lain.

“Dan tidak dibolehkan untuk kepentingan lain selain untuk kepentingan penegakan hukum oleh penegak hukum. Misalnya ada kejahatan di dalam ruang digital kejahatan dalam ruang digital yang oleh penegak hukum dibutuhkan informasi dan datanya,” tuturnya.

Dengan demikian, Plates mengklaim bahwa pendaftaran PSE itu justru dalam rangka mewujudkan perlindungan data pribadi masyarakat Indonesia.

“Justru pendaftaran PSE ini dengan kewajiban kepada PSE untuk melaksanakan perlindungan terhadap data pribadi pelanggan atau masyarakat utamanya data pribadi masyarakat Indonesia,” ujarnya. suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  Borneo FC Taklukkan Barito Putra 2-0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.