SENIPAH,  Inibalikpapan.com —Menteri ESDM Arifin Tasrif di dampingi oleh Kepala SKK Migas, Sekjen ESDM, dan Plt. Dirjen Migas, berserta jajaran melakukan kunjungan kerja ke NPU Blok Mahakam dan meninjau fasilitas produksi di wilayah paling utara dari Blok Mahakam, Jumat (8/11/2019).

Fasilitas NPU saat ini di operasikan oleh sekitar 900 anak bangsa, menangani produksi dari sekitar 400 sumur, dengan mengedepankan pengelolaan tekanan sumur, untuk menjaga produksi tetap optimal.  Menteri ESDM saat di NPU mendapatkan paparan dari GM PHM John Anis seputar fasilitas yang ada. 

Direktur Hulu Pertamina Darmawan Samsu menyatakan bahwa efisiensi dan biaya dan “attention on detail” menjadi fokus bagi semua pekerja di lapangan Blok Mahakam, sehingga kegiatan operasi terus efektif. 

“Value creation in managing upstream operation” menjadi hal berikut yang menonjol di Blok Mahakam, yang diharapkan dapat di ikuti oleh unit hulu migas lainnya di grup Pertamina,” katanya. 

Direktur Hulu Pertamina juga menjelaskan dengan bekerjasama yang erat dengan SKK Migas, PHM telah mendapat persetujuan melaksanakan Program OPLL-1 yg akan melakukan pengeboran 257 sumur di th 2020-2022. Dengan program tersebut PHM akan mampu menghentikan laju penurunan produksi dan mempertahankan nya pada level yang optimal (sekitar 600 MMSCFD).

Disamping itu, saat ini PHM juga sedang melakukan pengeboran 2 Sumur explorasi dalam.Dan Untuk upaya-upaya peningkatan produksi lebih lanjut, PHM akan menyiapkan program lanjutan, yakni OPLL-2 dan OPLL-3.

PHM juga sedang menjalankan berbagai program Community Development yang dijalankan, khususnya di lokasi NPU yang sangat membantu masyarakat seperti, BEST (Berbagi Energi Surya Terbarukan), Sahabat Manggrove, NPU Mengajar dan lainnya. Tenaga kerja lokal juga menjadi perhatian untuk diberdayakan dan ditingkatkan kompetensinya. 

Pada kesempatan kali ini, PHM mengenalkan 5 anggota dari NPU, dari berbagai fungsi teknis, yang merupakan putra-putri daerah asli di sekitar wilayah NPU

Dalam kesempatan ini, Kepala SKK Migas menyampaikan terkait aset sumur yang masih idle dan masih memiliki potensi, untuk di kaji kembali keekonomiannya, menggunakan berbagai pendekatan yang lebih mutakhir, sehingga menjadi fesible untuk dikerjakan dan dapat meningkatkan produksi Blok Mahakam

Menteri ESDM memberikan arahan agar potensi hulu migas di Blok Mahakam, walaupun sudah sangat mature, tetap dijaga dilevel maksimal, dan apabila memungkinkan dapat lebih ditingkatkan.
Kegiatan kunjungan kerja ini kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke control room, dan penanaman pohon di area NPU

Bagikan Ini:

Comments

comments

Comments are closed.

Exit mobile version