Menteri PUPR : Pembangunan IKN Terkoneksi Balikpapan Melalui Jalur Tol Laut dari KM 13

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Rencana Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara (PPU) yang akan mulai dilaksanakan tahun ini, dipastikan akan tetap memperhatikan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Umum (PUPR), Basuki Hadimuljono saat mendamping Ketua MPR Bambang Soesatyo mengunjungi Kota Balikpapan, Kamis (27/1/2022).

“Dalam pembangunan IKN ini tidak boleh merusak lingkungan, disana ada habitat bekantan, sehingga dijajaki rencana pembangunan tol laut menuju ke IKN,” ujar Basuki Hadimuljono kepada media.

Kata Basuki, IKN ke depan akan menjadi Kota masa depan, sehingga tidak bisa yang hanya biasa-bisa saja.

“Kita bikin ini yang menghubungkan Km 13  dengan IKN, sementara pelayaran di Teluk Balikpapan tidak akan terganggu,” akunya.

Untuk target pembangunan pemerintahan akan mulai direncanakan tahun ini, tapi untuk anggaran di PUPR belum ada masih di Pemerintah.

“Kedatangan kita ini untuk melihat langsung ke lokasi, sehingga bisa mengetahui berapa panjang pembangunan,serta jangan sampai menggangu lingkungan,” tuturnya.

Sementara itu, Dewan Pertimbangan Presiden Mayjend Pol (Purn) Sidarto Danusubroto mengaku dirinya hepi, karena lokasi dan situasi di daerah IKN yang berbukit-bukit cukup menarik, apalagi karena itu dulu cita-cita bung karno memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya.

“Sekarang sudah terwujud oleh Presiden  Joko Widodo yang memindahkan ibu kota negara ke Penajam Paser Utara,” tutupnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Bawaslu Balikpapan Nilai Partisipasi Masyarakat Rendah untuk Melaporkan Pelanggaran Pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.