Mitra Binaan Pertamina Raih Dua Penghargaan Kalpataru

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Lokal Hero binaan PT Pertamina kembali mengukirkan prestasi. Herry Wijaya, tokoh lokal Program TJSL yang dilakukan oleh  Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sepinggan, berhasil meraih penghargaan Kalpataru dari pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor kepada Herry untuk kategori Tokoh Kalpataru Penerima Piagam Penghargaan dan Tokoh Kalpataru Penerima Apresiasi Kalimantan Timur tahun 2022. 

Bertempat di Hotel Mercure Samarinda, penghargaan yang diberikan merupakan bentuk apresiasi tertinggi kepada para pejuang lingkungan hidup dan kehutanan dengan tujuan untuk mendorong peran serta, prakarsa dan keterlibatan masyarakat dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup, serta memberikan penghargaan kepada masyarakat yang telah berusaha meningkatkan daya dukung lingkungan.

Herry Wijaya melalui program Pertamina Better (Balikpapan Energi Terbarukan) bekerjasama dengan Pertamina DPPU Sepinggan dalam upaya pengolahan dan pengurangan sampah dengan menggunakan konsep ekonomi sirkular.

“Terima kasih atas dukungan dari Pertamina untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui program pengelolaan dan pengolahan sampah berkelanjutan,” kata Herry.

Herry menambahkan mendapatkan penghargaan Kalpataru dari Provinsi Kaltim merupakan suatu kehormatan dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

“Misi untuk mewujudkan kemakmuran yang berkelanjutan, melalui kegiatan pengelolaan dan pengolahan sampah berkelanjutan belum selesai, mohon doanya, supaya kami terus istiqomah dan amanah dalam menjalankan kegiatan,” ungkap Herry bersemangat. 

Saat ini sudah terbentuk satu Pandora (Bank Sampah Induk)  dan 6 Better Shop (Bank Sampah Hulu) untuk menampung sampah dari masyarakat dan beberapa bank sampah lain diluar naungan Pertamina Better. 

“Penghargaan Kalpataru merupakan amanah bagi penerimanya, untuk tetap menjaga dan meningkatkan kepeloporan, serta upaya-upaya pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan,” tutur Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, E.A Rafiddin Rizal pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Calon Tokoh Kalpataru di Kalimantan Timur Tahun 2022 yang dilaksanakan secara daring dan luring (17/02).

Baca juga ini :  Arus Mudik di Pelabuhan Semayang Diperkirakan Melonjak, Pelni Siapkan Tambahan Dua Kapal

Dipaparkan oleh Rizal bahwa terdapat tujuh calon penerima penghargaan Kalpataru dari Provinsi Kalimantan Timur tahun 2022 yang telah masuk tingkat nasional tujuh, tepatnya 2 orang dari Kabupaten Paser, 2 orang dari Kota Balikpapan, 1 orang dari Kota Samarinda, 1 orang dari Kabupaten Kukar, 1 orang dari Kabupaten Kutai Timur, dan 1 orang dari Kota Bontang. 

Terdapat 3 kategori penghargaan yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, yakni kategori perintis lingkungan, pengabdi lingkungan, dan pembina lingkungan.

Area Manager Comm, Rel & CSR Regional Kalimantan, Susanto August Satria mengatakan, program CSR yang dijalankan oleh Pertamina bersifat inklusif dan kolaboratif sehingga dengan penghargaan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Penghargaan tersebut memberikan suntikan semangat bagi mitra binaan kami, tujuan tersebut juga sesuai dengan target Pertamina dalam mendorong pencapaian target SDGs di Kota Balikpapan, khususnya pada pilar pembangunan ekonomi dan pembangunan lingkungan,” kata Satria.

Dengan target 17 Pembangunan Keberlanjutan (SDGs) sebagai BUMN, Pertamina berkomitmen untuk dapat berjalan selaras melalui Komitmen penuh Pertamina dalam penerapan aspek Environmental, Social & Governance (ESG).

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.