Penerapan jam tertib pasar di Pasar Pandansari

Mulai Agustus Parkir di Pasar Tradisional Balikpapan Dikelola Dishub

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Mulai Agustus bulan depan, pengelolaan parkir di pasar tradisional Balikpapan akan diambil alih Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

Kepala Dishub Kota Balikpapan Elvin Junaidi kepada awak media pada Jumat (29.07/2022), mengatakan, selama ini parkir di pasar tradisional dikelola Dinas Perdagangan (Disdag).

“Pasar memang saat ini dikelola Dinas Perdagangan, nah ini kita mau ambil, bulan Agustus.,” ujarnya

Menurutnya, seluruh pasar tradisional milik Pemerintah Kota (Pemkot) yang akan diambil alihb Pihaknya, sudah ada kesepakatan sebelumnya antar lintas organisasi perangkat daerah (OPD)

“Sudah ada pembicaraan saya. Jadi seluruh pasar akan dikelola Dishub bulan depan,” ujarnya

Sebelumnya, dia meminta masyarakat bisa menolak jika ada juru parkir (jukir) liaryang menarik biaya parkir.“Masyarakat bisa menolak, tolak saja gak apa-apa sebenarnya,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, jika ada  jukir liar yang memaksa menarik biaya parkir langsung laporkan ke Dishub karena akan ditindak.”Jadi laporkan ke kita saja, karena bisa tolak,” ujarnya.

Menurutnya, banyak jukir yang resmi karena telah mendapatkan pembinaan sebelumnya, jumlahnya capai ratusan. Mereka mengantongi kartu anggota (KTA) dan memegang karcis.

“Kita kasih KTA, ada juga surat tugasnya danmemiliki karcis, kalau gak ada itu baru jukir liar,” ujarnya

Dia menjelaskan, setiap hari ada tim dari Dishub yang sebenarnya selalu melakukan razia dan menertibkan jukir liar. Sementara untuk razia gabungan berdasarkan jadwal, karena ada sidang.

“Cuma yang gabungan, yangf kita bisa sidangkan itu ada jadwalnya, karena harus ada PPNS. Harus jadwal sidang,” ujarnya

Biasanya jukir liar yang terjaring akan diminta untuk bergabung dengan Dishub. Jika menolak nantinya akan ditertibkan. “Kita keliling, kita ajak mereka masuk Dshub,” ujarnya

Sebelumnya kata dia, ada 31 jukir liar yang terjaring dan disidangkan. Kemudian mereka memilih bergabung dengan Dishub. Meskipun, diakuinya ada jukir liar yang menghindar saat razia.

Baca juga ini :  Nurlena: Pesantren Ramadan Ciptakan Pemimpin yang Memiliki Ilmu Agama

“Kemarin 31 jukir liar, abis di sidang langsung ikut semuanya. Kadang ada dia kucing-kuncingan,” ujarnya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.