Home / iniFLASH / Panglima Kosekhanudnas II Tinjau Kesiapan Alutsista Satuan Radar Balikpapan
Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional II (Kosekhanudnas) Marsekal Pertama TNI Andyawan meninjau kesiapan alutsista Satuan Radar 223 Balikpapan

Panglima Kosekhanudnas II Tinjau Kesiapan Alutsista Satuan Radar Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional II (Kosekhanudnas) Marsekal Pertama TNI Andyawan meninjau kesiapan alutsista Satuan Radar 223 Balikpapan dalam menjaga kawasan udara.

“Tentunya kedepan tugas kita tidak semakin ringan, sehingga dengan kesiapan yang sangat baik, dari kesiapan alutsista, sumber daya manusia maupun dukungan terhadap alutsista ini harapannya kita tetap melakukan operasi untuk NKRI. Jelas wilayah udara tidak kelihatan, tapi kita tetap memantau wilayah kita ini,” kata Andyawan

Menurutnya, lalu lintas jalur udara memang tidak begitu kelihatan. Kendati begitu TNI AU harus terus memantau, tentunya dengan alutsista satuan Radar yang memadai. Setiap harinya wilayah udara ada sekitar 2000 aktivitas lalu lintas penerbangan.

“Radar yang kita miliki ini memang kita berintergrasi dengan radar yang dimiliki sipil. Seluruha area tercover dengan baik dan setiap harinya diwilayah Komsekhanudnas II ada lebih 2000 lalulintas udara,” terangnya.

Kata Andyawan, wilayah udara a harus terus dipantau dan dijaga agar tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan pesawat dari luar yang masuk wilayah Indonesia tanpa ijin.

“Tiap hari ada penerbangan asing yang masuk tanpa ijin. Tugas satuan Radar 223 ini membuat masyarakat Balikpapan dapat tidur nyenyak, biar kita yang menjaga wilayah udaranya,” imbuhnya.

Dia mengungkapkaan, rencananya akan ada pembaharuan seluruh alutsista dan TNI AU kini menunggu realisasinya.

“Ada beberapa yang di perbaharui, tetapi ini adalah rencana strategis TNI Angkatan Udara. 2010, 2014, dan 2015, 2019. ada nanti beberapa .. Tentunya satuan radar yang kita punyai ini baik karena perawatan kontinu,” tandasnya.

Komando Sektor Lanud Nasional II meliputi enam titik yang tersebar di bagian Indonesia Timur dari mulai Balikpapan, Tarakan, Jawa Timur, Sangir Talaud, NTT.

Comments

comments

About glen

Check Also

Minggu Depan DPRD Balikpapan Bahas KUA-PPS

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pekan depan DPRD Kota Balikpapan akan mulai membahas kebijakkan umum anggaran prioritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.