Agus Budi

Pansus RPJMD dan Bappeda Mulai Bahas 9 Program Prioritas Wali Kota

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pansus DPRD Kota Balikpapan mulai menggali 9 program prioritas visi dan misi Wali Kota yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026 bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

“Ini kan baru pembahasan untuk rancangan awal,” ujar Kepala Bappeda Kota Balikpapan Agus Budi usai rapat dengan Pansus RPJMD DPRD pada Senin (02/08/2021).

“Banyak hal yang dipertanyakan oleh anggota dewan terkait pertama dari laju pertumbuhan ekonomi yang mungkin menurut pansus perlu dicek lagi, apakah tidak terlalu tinggi.

Dia mengatakan, Pansus juga meminta agar kehati-hatian dalam mengalokasikan anggaran. Mengingat kondisi keuangan daerah yang minim akibat pandemi covid-19 yang berkepanjangan.

“Kemudian untuk  asumsi APBD yang dicantumkan dalam rencana awal itu juga perlu dilakukan pengecekan kembali, saya kira bagus saja,” ucapnya.

Menurutnya, Pansus juga meminta penjelasan terkait 9 program prioritas yang tertuang dalam RPJMD. Mulai dari penanganan banjir, BPJS Kesehatan hingga pendidikan.

“Termasuk pendalaman terhadap beberapa program prioritas. Jadi kan intinya pansus meminta penjelasan, yang kita tuangkan itu bagaimana,” ujarnya

“Contoh mungkin BPJS, yang untuk bidang pendidikan pansus ingin tahu kedalamannya,”

Untuk BPJS Kesehatan apakah hanya berbentuk subsidi atau seluruhnya gratis. Karena akan menjadi acuan bagi Pansus DPRD untuk mengeluarkan rekomendasi kepada Wali Kota.

 “Tapi tugas kami adalah membuat rumusan, sasarannya sekian, alokasi anggaran maksimal sekian untuk setiap tahun,” terangnya.

“Masalah nanti konsepnya apakah betul-betul 100 persen gratis atau subsidi nanti dari Pansus akan memberikan rekomendasi, tapi harus ada persetujuan dari Wali Kota,”

Begitupun soal pendidikan, terkait pakaian seragam maupun uang SPP. Pansus meminta penjelasan. Namun Agus Budi memastikan, belum dialokasikan dalam APBD Perubahan tahun ini.

“Kita hanya menyiapkan programnya apa, nanti eksekusinya ada di masing-masing OPD. Banjir juga dibahas, pembebasan lahan, bendali minta penjelasan dari kita,” sebutnya.

Baca juga ini :  Wali Kota Disuntik Vaksin Covid-19 Tahap Ketiga

“Sudah kita sampaikan bahwa di dalam RPJMD juga sudah kita tuangkan, itu rinciannya banyak.” tukasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.