Pantai Manggar Mulai Ramai, Diprediksi 12 Ribu Pengunjung di Akhir Pekan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Sudah menjadi tradisi libur lebaran dimanfaatkan warga untuk mengunjungi lokasi wisata, salah satu lokasi wisata favorit keluarga yakni Pantai Manggar Segara  yang berada di Kecamatan Balikpapan Timur.

Pantai andalan Kota Balikpapan ini cukup banyak didatangi warga, bukan hanya warga Balikpapan tapi dari luar daerah juga ada, tidak sedikit yang datang bersama keluarganya.

Kepala UPTD Pantai Manggar Segara Sari, Rusliansyah mengatakan, pada hari pertama libur lebaran Senin (2/5/2022) jumlah pengunjung tidak ramai disaat pagi harinya,tapi saat menjelang sore pengunjung mulai terlihat ramai, kurang lebih ada 2 ribu pengunjung.

“Pagi masih sepi karena masih banyak yang bersilaturahmi ke keluarga, lonjakan pengunjung baru terlihat sore harinya,” ujar Rusliansyah kepada media, Selasa (3/5/2022).

Saat disinggung untuk libur lebaran hari kedua ini berada jumlah pengunjung pantai Manggar, dirinya belum mengetahui pasti jumlahnya karena belum dapat laporan dari petugas retribusi. Meski demikian dilihat dari kasat mata jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan libur lebaran pada hari pertama.

“Tapi untuk hari kedua libur lebaran belum kami rekap datanya, hanya saja kalau dilihat kondisinya lebih banyak dibandingkan pada libur kebaran hari pertama, perkiraan sekitar 5-6 ribu pengunjung,” akunya.

Rusliansyah memprediksi lonjakan pengunjung baru akan terjadi pada Sabtu dan Minggu nanti yang akan kedatangan hingga 12 ribu pengunjung ke pantai Manggar.

“Kalau puncaknya nanti 12 ribu sabtu minggu ini, apalabi aksea jalan tol Balikpapan-Samarinda sudah dibuka, makanya pengunjung yang dariluar daerah mudah kesini,” serunya.

Untuk itu pihaknya mulai mengantisipasi lonjakan yang akan terjadi dimulai sejak Kamis (5/5/2022) yang mana rata-rata pengunjung pantai manggar juga dari luar daerah seperti Samarinda, Tenggarong dan Banjarmasin.

Baca juga ini :  Wali Kota Tandatangani Penlok Jalan Pendekat Jembatan Pulau Balang

“Bahkan ada yang mau bermalam di pantai Manggar, tapi kami larang karena belum ada izinnya, apalagi untuk sementara Kota Balikpapan masih di PPKM level 3, dengan waktu operasional mulai pukul 08.00 wita hingga pukul 18.00 wita,” tuturnya.

Sebelumnya, untuk memastikan kesiapannya dalam menyambut pengunjung baik dari warga Balikpapan dan daerah sekitarnya, Kepala Dinas Pemuda Olaraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan, dr Ratih Kusuma melakukan monitoring ke lokasi pada Sabtu (30/4/2022).

“Seperti kita ketahui bersama, dua tahun terakhir pantai manggar ditutup selama libur lebaran, dan baru libur lebaran tahun ini pantai manggar diperbolehkan untuk dibuka, sehingga kami ingin melihat kesiapaan pengelolaan pantai secara keseluruhan,” ujar Ratih Kusuma.

Pantai Manggar mulai ramai didatangi warga

Hal ini untuk mengantisipasi para pengunjung ketika masuk ke pantai Manggar, dari arah pintu masuk akan berlakukan scan barcode peduli lindungi, termasuk dengan pemeriksaan suhu tubuh.

“Nanti dari semua tim kebersihan, keamanan dan jajaran petugas DPOP, kita menata kembali khusus untuk parkir kendaraan jangan sampai penumpukan sehingga terjadi tidak terjadi kemacetan,” akunya. 

Pihaknya menyiapkan sejumlah fasilitas-fasilitas toilet dan tidak menutup kemungkinan akan dimanfaatkan para pengunjung. Begitu juga dengan pengangkutan sampai akan dikoordinasikan dengan DLH Balikpapan. 

“Di pintu masuk kami juga dibantu dengan petugas yang mobile, sambil membawa thermogun untuk mempercepat pemeriksaan, makanya kami akan siapkan petugas tambahan,” tuturnya. 

“Dimana akses masuk akan satu arah, begitu juga untuk akses keluarnya satu arah, dengan target kami pengunjung dilibur lebaran ini bisa capai ribuan, dibanding hari biasa yang hanya hitungan ratusan pengunjung,” tutupnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.