Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Papua Mesakh Mirin saat diwawancarai Parlementaria di Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (7/7/2022). Foto: Arief/nvl

Papua Disebut Masih Butuh Daerah Otonomi Baru

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Pupua Mesakh Mirin mengungkapkan, wilayahnya masih membutuhkan daerah otonomi baru (DOB) yakni Papua Timur.

Mesakh Mirin beranggapan, bahwa dengan adanya Papua Timur akan memperkuat aspek keamana kawasan karena daerah ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, Papua Nugini.

“Sehingga saya pikir, solusinya adalah memberikan lagi satu provinsi, Papua Timur dan itu layak. Dilihat dari aspek keamanan dan juga jangkauannya,” ujarnya dilansir laman DPR

Tak hanya aspek keamanan namun juga aspek budaya setempat harus menjadi perhatian penting. “Saya pikir aspek keamanan lebih bagus, kalau pembangunan lebih baik itu Pegunungan Tengah jangan satu provinsi,” ujarnya

“Harus ada satu lagi, yaitu Provinsi Papua Timur yang jauh lebih penting. Saya pikir dengan adanya ini, ada pemetaan wilayah, suku dan adat yang perlu diperhatikan,”

Kata dia, dengan adanya Papua Timur, dia optimis untuk bisa mendapatkan manfaat yang sangat besar terutama di bidang kesejahteraan dan pembangunan.

“Saya mohon kepada pemerintah dan DPR RI Komisi II, harus lihat pemetaan wilayah berdasarkan kultur budaya, sehingga provinsi yang layak adalah Provinsi Papua Timur,” ujarnya

“Karena terdiri dari Pegunungan Bintang yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Jaraknya hanya 1-2 km sudah sampai Papua Nugini,”

Sebelumnya Rapat Paripurna DPR  telah mengesahkan Undang-Undang (UU) daerah otonom baru (DOB) Papua, yakni RUU Papua Tengah, RUU Papua Selatan, dan RUU Papua Pegunungan.

Comments

comments

Baca juga ini :  Belum Terima Surat Pembongkaran, Persiba Tetap Gunakan Stadion Parikesit

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.