Peduli Lindungi Diri dan Keluarga, TP-PKK Balikpapan Gelar Kegiatan Vaksinasi

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Dengan mengangat tema Lindungi Diri dan Keluarga dengan vaksinasi, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan vaksinasi yang dipusatkan di Kantor TP-PKK Jalan Ruhui Rahayu II, Balikpapan Selatan pada Sabtu (6/11/2021).

Kegiatan dihadiri langsung Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, Ketua TP-PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas’ud, Kepala DKK Andi Sri Juliarty, Kepala Dinsos Purnomo, Kabag Pemerintahan Sayid Muhdar dan sejumlah kader dan warga yang akan divaksin.

Rahmad mewakili Pemerintah Kota memberikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan yang sudah menggagas kegiatan vaksinasi ini, semoga dapat berjalan dengan tertib dan lancar serta mencapai jumlah masyarakat yang ditargetkan.

Sebagaimana tema pada kegiatan ini bahwa vaksin bukan semata untuk melindungi diri pribadi, tetapi juga keluarga dan orang-orang di sekitar yang sering berinteraksi.

“Kita tidak tahu tingkat imun tubuh setiap orang, ada yang terpapar covid-19 tanpa menunjukkan gejala, dan ada juga yang apabila terpapar akan mengalami gejala berat bahkan sampai meninggal dunia,” ujar Rahmad.

Rahmad menambahkan, dari data yang disampaikan Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 kota Balikpapan bahwa cakupan vaksinasi kota balikpapan sudah mencapai kurang lebih 75 persen untuk dosis pertama, dan 50 persen untuk dosis kedua. 

“Artinya semakin mendekati 80 persen yang menjadi syarat terbentuknya herd immunity, dan kita optimis angka ini dapat dicapai paling lambat di akhir tahun 2021 ini,” akunya. 

Upaya penanganan Covid-19 di kota Balikpapan telah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk dengan dinominasikannya Balikpapan menerima penghargaan Adhiwirasana oleh BNPB sebagai daerah tangguh bencana menghadapi pandemi. Namun, demikian tidak boleh lengah dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas.

Baca juga ini :  Sepanjang 2019 Ada 26 Kasus Kebakaran Lahan

“Hal ini tentunya sangat penting bagi kita dalam mempersiapkan diri menuju era tatanan kehidupan normal yang baru, harapannya aktivitas masyarakat dapat kembali normal sehingga akan berdampak baik bagi upaya pemulihan ekonomi,” tuturnya. 

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas’ud mengaku, pada pelaksanaan kegiatan vaksinasi hari ini telah menyiapkan 1.000 dosis vaksin yang akan diberikan kepada para kader PKK, keluarga maupun masyarakat Balikpapan. 

“Bukan hanya kader, baik itu ibu hamil, lansia, anak diusia 12 tahun kita ajak untuk mengikuti vaksinasi,” kata Nurlena. 

Meski saat ini capaian vaksinasi di Kota Balikpapan sudah mencapai 75 persen, pelaksanaan vaksinasi akan terus dilaksanakan sampai 100 persen warga Balikpapan tervaksin. 

“Kegiatan ini kita adakan karena TP-PKK juga memiliki kepedulian terhadap masyarakat, untuk melindungi dan mengajak ikut vaksin demi mencegah terpapar Covid-19,” tuturnya. 

Salah seorang peserta vaksinasi di Kantor PKK Balikpapan, Herlina mengaku senang bisa mendapat vaksinasi, mengingat dirinya termasuk orang yang sering berjumpa dengan warga Balikpapan saat beraktivitas di Pasar. 

“Alhamdulillah, bisa ikut vaksinasi hari ini, kalau bisa kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan dan langsung terjun ke lingkungan masyarakat atau door to door,” tutup wanita berhijab ini. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.