Andi Sri Juliarty

Pekerja Migas dan Batubara Banyak Dirawat di RSPB

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan semakin memperketat pintu masuk bandara Sepinggan dan Pelabuhan Semayang sebagai upaya mencegah penularan covid-19 semakin meluas.

Pasalnya dalam 2 pekan terakhir, jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 terus meningkat yang didominasi rata-rata pekerja migas dan tambang dari luar Kaltim yang akan masuk lokasi tempat bekerja.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, rata-rata yang melakukan rapid test maupun uji swab di rumah sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) adalah pekerja tambang dan migas.

“Karena keliatan tipikal pasien, kalau pasien tambang dan migas larinya ke rumah sakit Pertamina, liat aja disitu, yang rame rumah sakit Pertamina naik. Banyak kamar kosong di rumah sakit Kanudjoso,” ujarnya.

Bahkan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit Pertamina kini lebih banyak ketimbang yang dirawat di rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan. “Jadi perbandingannya Kanudjoso dan Pertamina,” ujarnya

“Karena banyak orang (pekerja) tambang dan migas, dia masuknya ke rumah sakit Pertamina. Data rumah sakit Kanudjoso 11 pasien, Pertamina jadi 12 pasien, biasanya rumah sakit Kanudjoso yang tinggi,”

Pemerintah Kota Balikpapan kini mewajibkan pendatang dari luar Kaltim yang masuk melalui bandara dan pelabuhan wajib melakukan uji swab lebih dahulu di daerah asal. “Iya diperketat dipintu-pintu masuk,” ujarnya

Pengetatan itu upaya untuk menekan grafik R-Nought atau RO covid-19 di bawah 1 persen. “Jadi gak naik RO, RO kita kan terakhir 1 (persen), ini dalam 2 minggu ini kita melihat ada penularannya gak,” ujarnya.

“Resiko penularan dari pasien kita kan dalam dua minggu ini banyaknya dari luar daerah kayaknya, resiko penularannya dalam kota kurang,”

Harapannya dengan  pengetatan di bandara dan pelabuhan, maka penularan kasus covid-19 bisa langsung dicegah. Karena pendatang wajib uji swab, jika hasilnya positif akan langsung dirawat di rumah sakit.

Baca juga ini :  Telkomsel Imbau Pelanggan Waspada Penipuan Mengatasnamakan Telkomsel

“Kalau dari luar turun dari peswat langsung “ketangkap” itu gak menaikkan RO. Karena transmisi lokal meningkatkan RO,” ujarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.