Pekerja Pasar Usia Rentan Ikuti Rapid Test

BALIKPAPAN, Inibalikpapan. com —Dharma Pertiwi bekerjasama dengan Kodim 0905 Balikpapan dan Kodim 0905 Balikpapan serta Artha Graha menggelar rapid test massal di tiga pasar yakni K landasan Ulu, Muara Rapak dan Pandan Sari, Rabu (20/5/2020). 


Sebanyak 250 pekerja dari tiga pasar ini memiliki mendapatkan rapid test gratis namun diutamakan bagi lanjut usia. 

Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa mengatakan pekerjaan pasar yang mengikuti rapid test setelah itu menerima bantuan sembako dan vitamin. 
“Kita pagi ini melakukan rapid test kepada masyarakat. Rapit test ini merupakan bantuan dari Dharma Pertiwi pusat yang disalurkan kepada Dharma Pertiwi daerah,”kata Dandim. 


“Adapun alat rapid test yang di siapkan ada sebanyak 250 alat untuk ketiga pasar tersebut. Ya ada bantuan sembako dan vitamin untuk pekerja pasar, ” jelasnya. 

Diutamakan masyarakat yang rentan yakni usianya 50-an keatas namun masih aktif berkegiatan. Kegiatan ini untuk membantu Pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Balikpapan yang sudah masuk dalam zona merah.


“Jadi masyarakat yang memang tidak bisa melakukan rapid test secara mandiri makanya kita bantu,” tandasnya.


Sementara itu Direktur RS Dr Hardjanto Kolonel Ckm Dr Puguh Santoso menyampaikan hasil rapid akan diketahui pada sorenya.
Jika nanti ditemukan Rapid Test yang reaktif, maka RST sudah bekerjasama dengan DKK Balikpapan untuk kemudian melakukan pengambilan sampel swab dan isolasi terhadap yang bersangkutan. 


“Sore nanti diharapkan sudah jadi hasilnya. Tindak lanjutnya juga kami ada kerjasama dengan Diskes Kesehatan. Jadi apa bila ada yang reaktif itu nanti akan ditindak lanjut oleh Dinas Provinsi untuk swap,”pungkasnya.
.

Baca juga ini :  Aksi Demo di Depan Kantor DPRD Ricuh, Satu Orang Pingsan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.