Pekerjaan Tidak Sesuai, Lanal dan Pemkot Balikpapan Bantu 25 Warga Brebes Kembali Pulang Ke Jawa Tengah

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Sebanyak 25 orang pekerja yang berasal dari Kota Brebes berhasil dipulangkan oleh TNI AL Lanal Balikpapan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Balikpapan Dan DPRD Balikpapan, setelah sebelumnya terlantar di Kabupatan Kutai Barat dikarenakan pekerjaan yang tidak sesuai dengan perjanjian dan selama 10 hari pula mereka menempuh perjalanan dari Kutai Barat menuju Balikpapan dengan cara berjalan kaki dan menumpang di beberapa mobil atau truck yang lewat. 

Kronologis kejadian bermula sebanyak 25 orang pekerja tersebut sebelumnya dijanjikan untuk bekerja dipenggalian kabel, namun saat sampai di Kutai Barat ternyata lokasi penggalian tidak sesuai dengan yang dijanjikan dan memiliki kondisi geografis yang lebih berat, setelah dua hari bekerja mereka memutuskan untuk berhenti bekerja dan memilih pulang dengan meminta bantuan dengan menghubungi Bupati Tegal untuk meminta bantuan mengakomodir kepulangan mereka.

Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan, Kolonel Laut Siswo Widodo mendapat Direktif dari Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud, yang sebelumnya sudah berkordinasi berdasarkan laporan Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, karena telah dihubungi oleh Bupati Tegal yang melaporkan untuk dapat membantu kepulangan warganya yang masih terlantar di Kutai Barat. 
Oleh karena itu Danlanal langsung berkordinasi dengan Pelindo untuk bisa mengakomodir, membantu saudara saudara kita dari jawa tengah ini untuk pulang ke daerahnya.  

Selanjutnya Danlanal Balikpapan memerintahkan jajaran untuk segera membantu pergeseran 25 pekerja tersebut dari daerah Sepinggan untuk dibawa ke Mako Lanal Balikpapan menunggu Kapal tujuan Surabaya untuk diantar menuju pelabuhan semayang.

“Lanal Balikpapan bersama sama dengan Pemerintah Kota Balikpapan, DPRD Balikpapan, Pelindo Balikpapan,  Dinas Sosial Kota Balikpapan dan Paguyuban Brebes Tegal Pemalang (BERGALANG) terketuk rasa kemanusiaanya sehingga bersama sama sinergis membantu 25 warga brebes yang sebelumnya datang terlantar di Kabupatan Kutai Barat Kalimantan Timur dikarenakan pekerjaan yang tidak sesuai dengan perjanjian,” ujar Siswo. 

Baca juga ini :  2021, Angka Prevelensi Penyalagunaan Narkoba Naik

“Kami terketuk untuk membantu saudara kita yang kesusahan,  hal ini merupakan salah satu bentuk operasi militer selain perang dalam wujud bantuan kemanusiaan yang dilakukan oleh TNI AL Lanal Balikpapan  bersama Instansi Pemerintahan Kota, harapan kami semoga para pekerja tersebut dapat kembali pulang ke kampung halaman dengan selamat,” tambahnya. 

Para 25 pekerja tersebut selanjutnya dipulangkan dengan menggunakan Kapal Mutiara Perindo dengan tujuan Surabaya Provinsi Jawa Timur, dan akan melanjutkan perjalanan menuju jawa tengah dengan bantuan kendaraan dari Pemerintah Kabupaten Tegal. 

Turut hadir dalam kegiatan diatas Pgs. Palaksa Lanal Balikpapan, Pasintel Lanal Balikpapan, Pasops Lanal Balikpapan Ketua Paguyuban Brebes Tegal Pemalang Suntoro. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.