Pj Sekda Kota Balikpapan Muhaimin saat membacakan sambutan Walikota

Pelaksanaan Salat Iduladha Berjalan Lancar, Ingatkan PMK Saat Penyembelihan Hewan Kurban

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com –  Pelaksanaan salat Iduladha 1443 Hijriah atau 2022 masehi yang digelar dibeberapa titik Kota Balikpapan berjalan lancar, pada Minggu (10/7/2022).

Dari pantauan di Masjid Mahdinatul Imam para jamaah sudah berdatangan ke lokasi sejak pukul 06.00 Wita, begitu pula di delapan lokasi lainnya yang tersebar di beberapa wilayah.

Pada pelaksanaan salat Iduladha di Masjid Mahdinatul Imam, dibuka oleh laporan panitia dan pembacaan sambutan Wali Kota Balikpapan, kemudian dilanjutkan salat Iduladha dan penyampaian khutbah.

Dalam sambutan Wali Kota Balikpapan yang dibacakan Pj Sekda Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan, Pemkot Balikpapan mengingatkan kepada kaum muslimin Kota Balikappan, khususnya panitia kurban agar betul-betul teliti dalam memilih hewan kurban, mengingat akhir-akhir ini mulai mewabah penyakit kukut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak. 

“Meskipun penyakit ini tidak berdampak secara medis kepada manusia,  apabila dikonsumsi tetap hendaknya dapat memilih hewan kurban yang benar benar sebat dan memenuhi syarat untuk dikurbankan,” ujar Muhaimin. 

Lanjut Muhaimin, dalam menyembelih hewan kurban pada hari raya idul adha hukumnya sunnah muakkadah. Namun demikian dimasa wabah ini diimbau umat muslim untuk lebih berhati hati dalam memilih dan membeli hewan kurban yang sehat dan tidak cacat sesuai dengan kriteria serta menjaganya agar tetap dalam keadaan sehat hingga hari penyembelian. 

“Dalam proses penyembelihan hewan kurban, Pemkot mengimbau kiranya mengutamakan melakukan penyembelian di rumah potong hewan, atau pendistribusian hewan kurvan kepada badan amil zakat, lembaga amil zakat,” akunya. 

Dalam rangka komitmen bersama untuk memelihara kebersihan Kota Balikpapan,  agar pelaksanaan rangkaian kegiatan hari raya idul adha tahun ini masyarakat Kota Balikpapan untuk bersama-sama menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat memperhatikan ketentuan dan mekanisme waktu pembuangan sampah pada TPS. 

Baca juga ini :  254 Calon Anggota PPS Balikpapan Jalani Tes Tertulis

“Tidak menggunakan plastik sekalai pakai pada aktivitas pelaksanaan salat idul adha, tidak menggunakan plastik sekali pakai dan menggantikan fungsi kantong plastik sekali pakai sebagai kemasan,” tuturnya. 

Sementara itu, salah satu pengurus Masjid Mahdinatil Iman, Damuri mengatakan, untuk pelaksanaan prokes di masjid krena  ada aturan prokes yang tetap dilakukan para jamaah sudah terbiasa dengan kegiatan prokes, sehingga bisa berjalan dengan baik.

‘”Diperkirakan pada hari ini pelaksanaam salat id iduladha diikuti 8-10 ribu jamaah dan berjalan lancar,” kata Damuri.

Terkait pelaksanaan pemotongan hewan kurban sampai tadi malam sudah tercatat berjumlah 16 sapi dan 2 kambing yang akan dibagikan ke 1.240 kupon peneria daging kurban, terdiri dari keluarga miskin, yayasan, mushola yang tidak ada potong hewan kurban, kemudian ada dari jamaah dan kelompok RT disekitar masjid yang berjumlah 17 RT .

“Hari senin baru kami lakukan pemotongan hewan kurban, kalau dihari H biasanya posisinya belum siap, lalulalang jamaah termasuk kendaraan juga masih ramai hingga pukul 10.00 wita,” tutupnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.