Pembangunan IKN Menuju Kota Smart City

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (AIA) kota Balikpapan, Wahyullah mengatakan ada tiga tema dalam besar pembangunan IKN yakni simbol negara, pembangunan berkelanjutan dan smart city.

Arsitek sebagai bagian dari profesi atau organisasi pasti terlibat dan dilibatkan sejak awal karena perencanaan ini bagian dari kerja arsitektur.

” Tiga tema ini jadi bagian penting pembangunan IKN, seperti contoh kecil di sana akan ada kendaraan bus yang memakai listrik tidak lagi BBM. Hal seperti itu bagi kita sebuah perencanaan masa depan, ” Katanya belum lama ini.

Wahyu lah menyampaikan bahwa setiap bangunan pasti ada arsiteknya, ada perencanaan dan mereka bisa terlibat secara individu baik sebagai tim leader, perencana sedangkan secara organisasi bisa memberikan dukungan strategis seperti dalam sayembara desain istana Wapres, sayembara untuk gedung legislatif, yudikatif dan lain-lain.

Orientasi pembangunan kota pintar ini menjadi tugas kita mengawal guna mewujudkan perencanaan yang sudah dilakukan bersama ini.

“Sebagai perencanaan kota masa depan yang menggunakan listrik dan serius melakukan hal tersebut. Dan kita bisa awasi dalam proses pembangunan. secara organisasi kita beri saran,” pungkasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Vaksin Dosis Kedua Belum Datang, Gara-gara Ini Pemkot Dibuat Pusing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.