Purnomo

Pembangunan SMP 25 Mulai Dikerjakan, Selesai Akhir 2022

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com —Pemerintah Kota (Pemkot)  Balikpapan menargetkan pembangunan SMPN 25 Balikpapan, di kawasan Kampung Atas Air, RT 10 Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat rampung tahun ini.

Adapun Pembangunan sekolah ini merupakan upaya Pemerintah Kota Balikpapan dalam memenuhi kebutuhan fasilitas pendidikan agar merata di setiap wilayah Balikpapan khusus di Kecamatan Balikpapan Barat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Balikpapan, Purnomo mengatakan, untuk saat proses pengerjaan proyek pembangunan SMPN 25 Balikpapan terus berjalan.

“Pengerjaan SMPN 25 masih dalam tahap pembangunan, diharapkan akhir tahun 2022 ini sudah bisa tuntas dikerjakan,” ujar Purnomo saat dikonfirmasi Inibalikpapan.com, Sabtu (16/4/2022).

Ia menjelaskan, untuk target penyelesaian pembangunan gedung sekolah tersebut dapat dirampungkan pada akhir tahun 2022 ini sehingga Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023 bisa dilaksanakan.

“Jadi sehingga masalah kekurangan daya tampung siswa di kawasan tersebut dapat diatasi,” kata Purnomo.

Menurut Purnomo, karena memang target pihaknya pada tahun 2023 bangunan SMPN 25 Balikpapan sudah bisa melaksanakan PPDB. Artinya, lanjut dia, tahapan pelaksanaan pembangunan SMPN 25 Balikpapan harus sudah selesai Desember 2022 yang dianggarkan pada APBD Perubahan 2022.

“Jadi pada tahun 2023 nanti kami sudah siap SDM dengan 18 ruang kelas yang pembukaannya  secara bertahap,” ujar mantan Kepala Dinas Sosial Balikpapan ini.

Sehingga, rencana Dinas Pendidikan Kota Balikpapan di tahun 2023 mendatang ialah, mempersiapkan SDM untuk memenuhi kebutuhan sekolah tersebut.

“Untuk SMP di Balikpapan Barat dibutuhkan anggaran Rp 110 miliar,” imbuhnya.

Purnomo menambahkan, adanya pembangunan gedung sekolah baru di wilayah Balikpapan Barat, akan membuat kawasan tersebut semakin maju dan berkembang.

Terlebih, dengan ditunjuknya Penajam Paser Utara (PPU) menjadi Ibu Kota Negara (IKN), tentu saja kawasan Balikpapan Barat menjadi pintu gerbang terdekat dengan IKN baru

Baca juga ini :  Rumah Baru Memiliki Kendaraan Wajib Punya Garasi, Untuk Rumah Lama Diberikan Penyesuaian Selama 2 Tahun

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono menyambut baik pembangunan SMPN 25 Balikpapan yang terletak di RT 10 Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat.

“Tahap pertama pembangunan SMPN 25 ini mulai dilakukan dengan system pembiayaan multi years contract (MYC) seperti yang tertuang dalam RPJMD Balikpapan,” ujar Budiono kepada awak media, di Gedung Parlemen Balikpapan, belum lama ini. 

Budiono menjelaskan, dirinya menyambut baik pembangunan SMPN 25 Balikpapan sebab dapat memenuhi kekurangan ruangan belajar (rombel) dalam setiap PPDB di Balikpapan.

“Saat ini Balikpapan Barat hanya terdapat dua SMP negeri yakni SMPN 4 dan SMPN 9. Pembangunan SMPN 25 ini sesuai visi-misi Wali Kota Balikpapan terpilih di bidang pendidikan. Semoga saja 2023 pembangunan sekolah ini bisa selesai, sehingga dapat menampung lulusan SD di wilayah Balikpapan Barat,” tutup Ketua DPC PDI Perjuangan Balikpapan ini.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.