Pembinaan Mental Warga Binaan, Rutan Balikpapan Gelar Belajar Al-Quran Secara Daring

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Rutan  kelas IIB Balikpapan terus  memberikan wadah terbaik kepada bagi warga binaan dalam mengisi waktunya salah satu pembinaan mental dan spiritual dengan pelatihan  membaca Al-Quran. 

Pelatihan dilakukan secara daring diikuti 27 warga binaan sejak 30 November hingga 3 Desember 2020  untuk sesi pertama ini. Program ini kerjasama Rutan Balikpapan dengan Yayasan IBBQ Bogor. 

” Hari ini Rutan Kelas II B Balikpapan kerjasama dengan yayasan IBBQ memberikan pengajaran tentang buta aksara Al Qur’an. Kegiatan ini luar biasa penting bagi kami ada beberapa yang wajib kita bimbing dan wajib kita bina terutama dalam pelaksanaan pengajian, ” jelas Kepala Rutan Balikpapan Sopiana, Senin (30/11/2020).

Warga Binaan Rutan Balikpapan ada beberapa kategori dalam hal baca Al Quran seperti Masih terbata-bata, tertukar huruf. ” Saya berterima kasih kepada IBBQ yang memfasilitasi secara daring, tentunya setelah mereka keluar dari sini bisa menjadi warga negara yang baik dan mampu membaca Al Quran sehingga harapannya tidak melakukan pelanggaran hukum, ” harapnya. 

Pelatih membaca Al-Quran dilakukan dua sesi yakni 30 November hingga 3 Desember dan sesi dua digelar 21- 24 Desember mendatang. 
Lanjut Sopiana kegiatan pembinaan mental spritual Tidak hanya sebatas ini tapi juga terjadwal seperti belajar Al Qur’an seminggu dua kali, diselingi Hadrah (Rabanna),  salawatan dan yasinan setiap malam Jumat. 

” Ini semua agar hati mereka lebih tenang salama menjalani pembinaan disini dengan mengingat Tuhannya sehingga yang negatif-negatif bisa hilang dan keluar dari sini bisa jadi warga yang baik, ” tuturnya. 

Khusus webinar belajar Al-Quran juga mendapat respon yang positif dari yayasan termasuk dari warga binaan. 

“Kita sebenarnya  ada kegiatan mengenal Al Qur’an diisi ceramah ustad dari kerjasama dengan kami atau Kementerian Agama yang terjadwal tapi ada pandemi kita hentikan tatapan muka.  Akhirnya saya coba hidupkan  dengan daring ada kawan di Sulawesi Tengah di lapas yang modelnya kita terapkan disini, ” jelasnya. 

Baca juga ini :  Balikpapan Masuk PPKM Level 1, Sejumlah Kegiatan Boleh 100 Persen Dihadiri

Sejak pukul 10.00 wita warga binaan telah berkumpul di ruang aula mendengar arahan dari Kepala Rutan Balikpapan dilanjutkan dengan kegiatan Al Quran hingga pukul 12.00 wita. 

“Program ini kami umumkan dan  mereka mendaftar. Warga binaan sangat antusias mengikuti ada yang sudah kenal huruf tapi masih terbata-bata. Alhamdulillah ini antusias mereka, ” tukasnya. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.