Peluncuran Angkutan Tansportasi Umum rute Balikpapan - Ibu Kota Nusantara (IKN). Tampak Kepala Badan Pengelola Transportasi (BPTD) Wilayah XVII Kaltim-Kaltara (Kaltimra) Muis Thohir dan General ManagerPerum Damri Cabang Samarinda, Elpohan

Pemerintah akan Buka Counter Tiket di Pelabuhan Semayang, Bandara Sepinggan dan Terminal

BALIKPAPAN, Inilikpapan.com – Pemerintah memastikan masyarakat tidak akan kesulitan untuk membeli tiket bus rute Balikpapan – Ibu Kota Nusantara (IKN) yang mulai diluncurkan, Selasa (01/11/2022).

General Manager Perum Damri Cabang Samarinda, Elpohan mengatakan, akan dibuka counter-counter tiket di tempat-tempat pemberhentian seperti Bandara, Pelabuhan hinggaTerminal.

“Tiket di jual di simpul-simpul  pemberhentian, ada buka counter, di Bandar Sepinggan, Pelabuhan Semayang dan Terminal Batu Ampar. Juga nanti di traveloka,” ujarnya.

Harga tiket yang dijual sesuai yang telah diusulkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Rp 43 ribu untuk satu kali jalan, jauh dekat. Operasionalnya dari pukul 06.00 – 17.00 Wita. Ada sebanyak 15 unit DAMRI ukuran medium.

“Jadi untuk keberangkatan sudah terjadwal, tidak menunggu lagi. Diharapkan dengan terjadwal akan menarik,” katanya.

Soal rute, nantinya akan selalu ada evaluasi. Kemungkinan bisa saja ada perubahan atau pengalihan. Tergantung kebutuhan dan partisipasi masyarakat menggunakan transportasi tersebut.

“Nanti akan ada evaluasi apakah rute ini tepat, atau ada rute yang lebih baik. Jadi tidak tertutup terbukanya rute baru atau pengalihan rute , tergantung situasi layanan ini kedepan,” ujarnya.

Kepala Badan Pengelola Transportasi (BPTD) Wilayah XVII Kaltim-Kaltara (Kaltimra) Muis Thohir menambahkan, Angkutan Tansportasi Umum itu untuk mendukung pe,bangunan IKN.

“Untuk mendukung pembangunan IKN, duluncurkanlah layanan angkutan yang menghubungkan dari wilayah pendukung dalam hal ini Balikpapan ke Kawasan IKN,” ujarnya.

“Kita ada regulasinya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 83 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan  Angkutan Penumpang Umum di Kawasan Strategis Nasional,”

Dia menambahkan, untuk tahun ini hanya dari 1 November hingga 31 Desember 2022. Karena menyesuaikan tahun anggaran. Untuk tahun ini anggaran yang dialokasikan Rp 3,1 miliar.

Baca juga ini :  Pemkot Balikpapan Terbitkan Surat Edaran Pelaksanaan Salat Ied dan Ibadah Kenaikkan Isa Al-Masih

“Untuk tahun 2023 sudah diusulkan. Sesuai per tahun anggaran, tahun depan sudah kita usulkan juga,”katanya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.