Airlangga Hartarto

Pemerintah Sebut Hasil Survey Kartu Prakerja Dorong Peningkatan Wirausaha 13 Persen

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan jumhlah wirausaha maupun sumber daya manusia (SDM) ditengah pandemic covid-19 melalui Program Kartu Prakerja.

“Saya ucapkan terima kasih kepada alumni Kartu Prakerja yang telah menerapkan ilmunya untuk berwirausaha sehingga membantu Pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan di masa pandemi seperti ini,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Data hasil survei independen menyebutkan bahwa setelah mengikuti Program Kartu Prakerja terjadi peningkatan sebesar 13% dalam jumlah kelompok wirausaha.

Secara umum, hasil survei tersebut juga merilis data animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap Program Kartu Prakerja. Tingginya minat itu diikuti juga dengan kepuasan terhadap pelayanan dan manfaat Kartu Prakerja.

Hasil survei persepsi penerima Program Kartu Prakerja juga menyatakan di samping memiliki tambahan keterampilan, program tersebut berfugsi sebagai jaring pengamanan sosial di tengah pandemi dan menurunkan tingkat pengangguran.

 “Alumni Program Kartu Prakerja juga berkesempatan mendapatkan manfaat Kredit Usaha Rakyat yang saat ini Pemerintah mengupayakan dengan maksimal hingga bunganya hanya 3%,” ujarnya

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan UMKM Rudy Salahuddin menyatakan Program Kartu Prakerja yang hampir dua tahun hadir terbuka bagi semua yang mendaftar dan memenuhi persyaratan.

 “Dari data yang saya peroleh, Jawa Barat adalah provinsi dengan jumlah penerima Kartu Prakerja terbanyak dan total penerima mencapai lebih dari 1 juta orang,” ujarnya.

“Karena itulah dalam rangkaian talkshow dan dialog dengan para alumni dan penerima Kartu Prakerja tahun 2021 untuk pertama kalinya diadakan di Jawa Barat,”

Program Kartu Prakerja untuk memberikan peluang dan harapan bagi masyarakat utamanya bagi anak-anak muda di Indonesia, agar mau berubah, bangkit dan meningkatkan kemampuannya hingga menjadi SDM yang kompeten, produktivitas tinggi dan berdaya saing.

Baca juga ini :  Tunggu Pengumuman Juara, Ribuan Pelari 10 K Dihibur Barongsai hingga Dansa

 “Dalam situasi pandemi ini kita membutuhkan sumber daya manusia yang multi skill, dan itu hanya bisa dicapai dengan pembelajaran terus-menerus. Jadi, terima kasih, Pemerintah senang dan tentunya Program Kartu Prakerja ini diharapkan bisa membantu seluruh masyarakat Indonesia.,” timpal Airlangga

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.