Petugas SPBU KM 13 melayani sopir truk mengisi solar subsidi (1/4/2022). Foto Pertamina Patra Niaga

Pemerintah Siapkan Skema Kompensasi Bansos Jika Harga BBM Naik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyatakan, rencana kenaikkan BBM subsidi pertalie dan solar masih terus dibahas.

“Kita akan bahas lagi,” kata Arifin dilasnir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

Menurutnya,  pemerintah akan mempertimbangkan sejumlah faktor, semisal soal daya beli masyarakat hingga kemampuan APBN dalam menyediakan tambahan anggaran subsidi.

“Kita juga hitung antisipasi nanti akhir tahun ini kemungkinan kebutuhan energi meningkat, ketersediaan energi terbatas, harganya bisa meningkat,” lanjutnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan sejumlah program bantuan sosial (bansos) sebagai kompensasi jika harga BBM  naik.

“Jadi bukan hanya terkait penyesuaian atau pembatasan, tetapi bantalan-bantalan sosial yang harus disiapkan,”ujarnya

Ketua Partai Golkar itu menjelaskan, saat ini masih akan dibahas skema bansos yang akan diberikan. Namun kemungkinan tak beda jauh seperti saat penanganan kasus COVID-19.  

“Ya tentu perlindungan sosialnya akan kami tebalkan. Kami sudah punya banyak sistem yang sudah dilakukan selama KPC-PEN,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, anggaran subsidi dan kompensasi bisa kembali bengkak menjadi Rp198 triliun pada tahun ini jika pemerintah tidak menaikkan harga BBM dan pembatasan kuota pembelian pertalite dan solar.

“Kalau kita tidak menaikkan BBM, kalau tidak dilakukan apa-apa, tidak ada pembatasan, tidak ada apa-apa maka Rp502 triliun gak akan cukup,” kata Sri Mulyani .

Kata dia, tambahan anggaran ini diperlukan untuk menambah kuota pertalite dari 23 juta kiloliter menjadi 29 juta kiloliter.”Kita perkirakan subsidi itu harus nambah lagi, bahkan bisa mencapai Rp198 triliun di atas Rp502 triliun,” ujarnya.

Dia menambahkan, meskipun ada tren penurunan harga minyak mentah di pasar global sejak Juli lalu, tapi harganya masih di kisaran atas USD100 per barel. “Tapi minyak itu kan naik turun antara USD100, 106, 102 begitu,” ujarnya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.