Pemilihan Duta Sadar Hukum 2022, Ajak Menggali Pemahaman Hukum Di Lingkungan Sekolah

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Bertempat di Hotel Novotel Balikpapan dilaksanakan pemilihan Duta Sadar Hukum yang diikuti siswa dari tingkat SMA,SMK,MA,SLB Negeri dan Swasta tingkat Provinsi Kalimantan Timur, Kamis malam (3/11/2022).

Sekda Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni mengapresiasi kegiatan pemilihan Duta Sadar Hukum yang dikemas secara entertaiment yang melibatkan anak muda dalam situasi dan kondisi untuk memahami sadar hukum.

“Mereka diajak untuk kenali hukum, hindari hukuman, bahwa anak muda akan menjadi pelaku utama usia produktif, kalau di dalam diri mereka tertanan tentang sadar hukum dan menghindari hukum harapan kita ketika mereka bergerak juga bisa menghindari permasaahan hukum,” ujar Sri Wahyuni kepada media, Kamis malam (3/11/2022).

Wahyuni menambahkan, artinya dengan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun, sekolah jadi terbuka tentang pemahaman hukum, dimana anak-anak ini sudah dipersiapkan pendamping dan pembimbing untuk semakin ada kesadaran mengenal semakin dekat, tidak hanya menghafal ada undang-undang ini tapi bisa mengaplikasikannya.

“Kami harapkan mereka yang terpilih kita berdayakan sehingga kreativitas tetap punya ruang. Kemudian peran yang bisa mereka lakukan misalnya di sekolah di daerahnya,” akunya.

Kalau bentuk apresiasi dari Pemprov Kaltim kepada pelajar yang terpilih menjadi duta pelahar, tentu pihaknya memberikan beasiswa bagian dari prestasi, mereka yang terpilih sebagai duta sadar hukum melanjutkan pendidikan di universitas mana saja yang dipilih tetapi ke fakultas hukum.

“Sehingga mereka mencoba kembangkan lagi ilmunya, dan mereka bisa jadi mitra Disdik untuk setiap tahun sosialisasi bahwa kita punya yang namanya duta sadar hukum,” imbuhnya.

Apalagi kemampuan mereka luar hiasa menggali apa itu sadar hukum dengan aparat. Di awali dari duta pelajarnya kesadaran akan hukum diharapkan meningkat ke sekolanya bertahap.

Baca juga ini :  Kapolri Tekankan Pentingnya Jaga Persatuan-Kesatuan Bangsa Dihadapan Angkatan Muda Muhammadiyah

‘”Bukan hanya pelajarnya tapi seluruh yang ada di komunitas sekolah tersebut paham tentang hukum,” ujarnya.

Sedangkan, Wakil Kajati Kaltim, Amiek Mulandari mengaku, kedepan akan lebih mengembangkan lagi pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum dengan target yang lebih luas dan meningkat lagi dan Pemprov sudah mengakomodir dan memberikan ruang untuk meluaskan. 

“Tidak hanya pengetahuan tentang hukum tapi budaya, karena kedepan IKN di Kaltim kita harus memberikan pemahaman dan kesadaran bahwa pembangunan akan berjalan terus jika masyakatnya sadar hukum dan kondusif,” ujar Amiek.

“Sehingga dunia usaha yang ingin masuk ke Kaltim tidak ragu-ragu lagi,” tambahnya.

Apalagi setelah mengikuti dari proses seleksi dari awal di kabupaten kota yang ada di Kaltim mereka keren dan memiliki pengetahuan tentang hukum cukup luas, bahkan sudah bisa membuat aplikasi dan best speaker sudah bagus.

“Kedepan akan kita tingkatkan lagi, sehingga semakin banyak minat anak muda yang memahami hukum,” pungkasnya.

DAFTAR JUARA LOMBA PEMILIHAN DUTA SADAR HUKUM JENJANG SMA/SMK/MA/SLB (TUNA DAKSA) NEGERI DAN SWASTA TINGKAT PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2022

Juara 1 dari SMAN 10 Samarinda

1. Dwina Christy Siregar

2. Rakha Andhika Farras

Juara 2 dari SMAN 1 Long Ikis

1. Muhammad Qusairi Hamzah

2. Halimah.

Juara 3 dari SMAN 1 Long Ikis

1. Indy Febriani

2. M. Usta’in Yusuf.

Juara Harapan 1 dari SMAN 1 Tenggarong

1. Ananda Putri Thalia Syakila

2. Muhammad Ditra Madyatama

Juara Harapan 2 dari SMAN 1 Bontang

1. Bella Oktavianggi

2. Muhammad Alparezi.

Juara Harapan 3 dari SMAN 4 PPU

1. Muhammad Dendi

2. Early Gustriana Nabila.

Juara Best Speaker

Dwina Christy Siregar dari SMAN 10 Samarinda.

Juara Favorite dari SMAN 1 Sangatta Utara

Baca juga ini :  Wali Kota Resmikan Gedung Masjid Ar Raudah

1. Rifqi Safa Nabil

2. Nabila Zulfha

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.