Pemkot Anggarkan Rp 2 Miliar, Beri Beasiswa Bagi Mahasiswa

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Pemerintah Kota Balikpapan terus berupaya mendukung dunia pendidikan di Kota Balikpapan salah satunya dengan membuka 644 kuota beasiswa bagi mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Balikpapan, Sukaryanto mengatakan, pemberian beasiswa sudah dibuka sejak 1 April lalu, tercatat sudah 1.650 mahasiswa yang mendaftar.

“Kita menerapkan sistem ranking berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari mahasiswa, untuk menentukan penerima beasiswa,” ujar Sukaryanto kepada media, Kamis (5/4/2022).

Sukaryanto menjelaskan, besaran beasiswa yang akan disalurkan Rp 2,5 hingga Rp 5 juta dari jenjang pendidikan diploma sampai S1. Total anggaran yang dialokasikan untuk membiayai program ini mencapai Rp 2 miliar melalui APBD Kota Balikpapan Tahun 2022.

“Anggaran yang digunakan sekitar Rp 2 miliar,” akunya 

Dia mengatakan, adapun persyaratan pengajuan beasiswa diantaranya mengisi formulir pendaftaran secara online dan melampirkan KTP Kota Balikpapan serta Kartu Hasil Studi (KHS) Semester Ganjil.

“Terakhir tahun akademik 2021/2022 dengan indeks prestasi serendah-rendahnya 2.75 surat keterangan aktif kuliah terbaru semester berjalan dari perguruan tinggi, surat keterangan akreditasi program studi dari perguruan tinggi atau copy sertifikat akreditasi yang dikeluarkan BAN PT,” terangnya.

Sementara, untuk fotocopy nilai KRS Semester ganjil terakhir yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, fotokopi buku rekening bank yang masih aktif dan atas nama pemohon, surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain baik dari pemerintah maupun lembaga swasta yang ditandatangani oleh yang bersangkutan di atas materai Rp10 ribu.

“Diketahui oleh pihak perguruan tinggi, surat pernyataan tidak sebagai pengedar atau pemakai narkoba dan tidak sebagai perokok aktif yang ditandatangani oleh yang bersangkutan di atas materai Rp10 ribu yang diketahui orang tua, kecuali bagi yang telah menikah diketahui oleh suami atau istri,” tuturnya.

Baca juga ini :  Kasus Covid-19 Melandai, Balikpapan Turun PPKM Level 3

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan juga mulai merealisasikan rencana pembagian seragam sekolah gratis pada tahun 2022. Rencana pembagian seragam sekolah gratis ini merupakan bagian janji politik Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud ketika mencalonkan diri pada Pilkada Balikpapan 2020 lalu.

Dijelaskannya, seragam sekolah gratis akan diperuntukkan kepada seluruh siswa yang baru dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP). Termasuk siswa yang belajar di Sanggar Kegiatan Belajar atau SKB.

“Baju sekolah sudah dirancang, sudah ada rapat untuk mempersiapkan baju sekolah pada tahun ini. Ditujukan kepada semua anak sekolah dari SD dan SMP,” ujar Kadisdikbud Balikpapan, Purnomo.

Program penyediaan seragam gratis  tersebut telah dialokasikan melalui  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan tahun 2022 .

Rencananya, setiap siswa akan mendapatkan bantuan tiga seragam sekolah yang terdiri dari seragam pramuka, batik, merah putih untuk SD atau putih biru untuk SMP. Dengan bantuan untuk masing-masing siswa mencapai Rp 500 ribu per orang.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.