Zulkifli

Pemkot Balikpapan Kaji Pemekaran Dua Kecamatan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Guna melakukan pemerataan pembangunan di Kota Balikpapan, saat ini Pemerintah Kota Balikpapan mengkaji rencana pemekaran dua wilayah yakni Kecamatan Balikpapan Utara dan Balikpapan Timur.

Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Kota Balikpapan, Zulkifli mengatakan, pemekaran dua kecamatan ini dilakukan mengingat jumlah penduduk di dua wilayah tersebut mengalami peningkatan dan juga pihaknya telah melakukan diskusi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan.

“Kami mendapatkan penjelasan dari pihak KPU, bahwa ada dua wilayah di Kota Balikpapan yang alokasi kursi untuk anggota DPRD Daerah Pemilihan (Dapil) ditambah. Yakni, Balikpapan Timur dan Balikpapan Selatan, masing-masing satu kursi,” ujar Zulkifli 

Sedangkan untuk Balikpapan Tengah dan Balikpapan Kota jumlah kursinya akan dikurangi masing-masing satu kursi.

“Apalagi saat ini ibu kota negara mulai tahap pembangunan. Sehingga pihaknya berencana melakukan pemekaran di dua wilayah tersebut,” katanya.

Dia menyampaikan, sehingga untuk pemilu yang akan datang pada tahun 2029 pemerintah Kota Balikpapan sudah melakukan pemekaran di dua wilayah tersebut. Jadi nanti Dapil-Dapil tinggal disesuaikan saja.

“Pihaknya berencana akan melakukan studi kelayakan atau feasibility study dengan salah satu perguruan tinggi, kemudian kita susun perencanaannya. Jika memang hal ini layak dan harus dilakukan pemekaran, maka kita akan lakukan,” terangnya.

Dirinya menambahkan, nanti kita akan lihat komposisinya, karena satu kecamatan itu minimal lima kelurahan. Jadi nanti setelah pemilu 2024, kita akan melakukan pembahasan terkait dua wilayah yang akan dilakukan pemekaran.

“Memang untuk saat ini wilayah Balikpapan Utara yang mengalami peningkatan jumlah penduduk. Karena saat ini pembangunan di fokuskan di dua wilayah. Yakni, Balikpapan Timur dan Balikpapan Utara,” tutupnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Pertamina dan BNPT Sosialisasi Objek Vital Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.