Konfrensi Pers Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan

Pemkot Balikpapan Belum Dapat Informasi Soal Vaksinasi Covid-19 Dimulai di Kaltim

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyatakan, hingga kini belum mendapat informasi kapan vaksin covid-19 masuk Kaltim. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Pihaknya juga belum mengetahui, kapan vaksinasi akan dilakukan kepada masyarakat. Karena belum mendapat informasi dari Kementerian Kesehatan. Meskpun, Pemerintah menyatakan, bulan depan vaksin covid-19 akan masuk ke Indonesia.

“Mengenai kapan vaksin masuk dan dimulai, belum diatur dan kami belum mendapat infiormasi dari Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini hanya Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada  5 Oktober lalu.

“Di dalam Peraturan Presiden  itu lebih menekankan  bagaimana cara pengadaan vaksin dan pembiayaannya. Dimana berbagi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota dan Kabupaten,” ujarnya.

Wanita yang biasa disapa Dokter Dio itu juga belum mengetahui, anggaran yang hdikenakan bagi daerah untuk pengadaan vaksin covid-19.  “Belum ada diatur, tetapi sasaran yang diatur didahulukan lebih dulu tenaga kesehatan,” ujarnya.

Sementara terkait kabar, vaksin BCG yang kabarnya bisa diberikan kepada pasien covid-19, dia menyatakan, belum mendapatkan petunjuk teknisnya (juknis) untuk penyakit lain. Karena selama ini  wajib diberikan khusus untuk bayi

“Mengenai BCG hanya memang digunakan untuk bayi itu imunisasi wajib bagi bayi dan belum ada juknis untuk penggunaan yang lain,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Ngeri Memang! Unit Yamaha Fazzio Laku Keras, Elegan dan Sporty dengan Harga Sangat Terjangkau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.