Kantor Wali Kota Balikpapan

Pemkot Balikpapan Targetkan realisasi Penyerapan Anggaran Hingga akhir Tahun 85 Persen

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan menargetkan, penyerapan anggaran hingga akhir tahun mencapai 85 persen dari APBD Kota 2021 mencapai Rp 2,1 triliun.

Kabag Kerjasama dan Perkotaan Kota Balikpapan Alfiansyah mengatakan, telah menggelar rapat evaluasi dan percepatan penyerapan anggaran yang dikuti  seluruh organisasi perngkat daerah (OPD)

“Jadi semua OPD tanpa terkecuali dalam seminggu kemarin dari hari Senin – Jumat, sehingga hari ini mungkin kami akan lakukan penyimpulan dalam hal apa yang terjadi kemarin,” ujarnya, Senin (29/11/2021)

Minggu lalu laporannya penyerapan anggaran baru sekitar 62 persen. Namun dia yakin  ada kenaikkan. Karena pihaknya juga akan memanggil kembali 47 OPD maupun 27 kelurahan.  

“Untuk pembenahan, untuk evaluasi keseluruhan supaya kita dapat gambaran kondisi saat ini berapa, terus rencana target diakhir tahun secara keseluruhan berapa,” ujarnya.

Menurutnya, ada keterlambatan OPD juga mengimput data realisasi anggaran. Sehingga baru terdata sekitar 62 persen. Kemungkinan karena kahir tahun sehingga seluruhnya sibuk.

“Karena keterlambatan imput biasa OPD yang biasa imput di tanggal 20 mereka telat, biasa diakhir tahun mereka kita maklumi,” ujarnya

“Hampir semua OPD melakukan pemberkasan untuk kesiapan diakhir tahun untuk tutup buku,”

Dia optimis, akan mencapai target 85 persen realisasi anggaran atau hanya satu persen dari realisasi anggaran tahun lalu. Pandemi covid-19 menjadi penyebab terkendalanya realisasi anggaran.

“Insya Allah teman-teman diakhir tahun akan memenuhi tugas dan kewajibannya sehingga target yang kita targetkan untuk di 85 persen mudah-mudahan akan tercapai,” ujarnya

“Karena pengalaman setahun lalu covid-19 kondisinya seperti ini. Tahun kemarfin kalau gak salah 84 persen.”

Comments

comments

Baca juga ini :  Wali Kota Balikpapan Buka Turnamen Olahraga HUT ke-50 Korpri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.