Pemkot Berharap Dewan Adat Dayak Ikut Menjaga dan Melestarikan Kearifan Lokal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyambut positif atas pelantikkan Pengurus Dewan Adat Dayak yang sempat tertunda akibat pandemi.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Kesbangpol Kota Balikpapan Sugianto saat membacakan sambutan Wali Kota. Harapannya keberadaan Dewan Adat Dayak ikut menjaga arifan lokal

“Mudah-mudahan saudara dapat menjalankan tugas dan amanat dengan baik demi kemajuan organisasi serta Dewan Adat Dayak terus dapat berkiprah dalam menjaga dan melestarikan kearifan lokal suku dayak, khususnya di Kota Balikpapan,” ujarnya

“Salah satunya dengan memberdayakan generasi muda agar mengenal dan mencintai daerahnya, karena kecintaan terhadap daerah diharapkan  menjadi cikal bakal kecintaan kepada Bangsa dan Tanah Air.

Termasuk berperan aktif dalam pembangunan, dimana Kota Balikpapan akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) yakni Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

“Melalui kesempatan yang baik ini, saya juga mengajak kepada masyarakat dayak untuk bersinergi dan berkolaborasi bersama membangun Kota Balikpapan dalam rangka mempersiapkan Kota Balikpapan kebanggaan kita menjadi daerah penyangga ibu kota negara,” ujarnya

Dia juga mengajak, untuk bersama-sama menjaga situasi kondusif. Dimana Balikpapan sebagai Kota yang layak huni. Ramah terhadap pendatang karena sebagai Kota Jasa, Industri dan Pariwisata.

“Saya juga berharap seluruh masyarakat Kota Balikpapan dapat merepresentasikan sebagai warga yang ramah terhadap pendatang, karena salah satu pendapatan daerah kita sangat bertumpu kepada tingkat kunjungan wisatawan yang datang maupun para investor yang menanamkan modalnya di Balikpapan.,” ujarnya

“Oleh karena itu saya sangat mengapresiasi bahwa selama ini warga Dayak ikut membantu terwujudnya suasana yang kondusif di Kota Balikpapan, karena ini merupakan modal yang sangat penting bagi pembangunan,”

Harapannya bisa terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kota maupun masyarakat lainnya. Bukan hanya menjaga kondusifitas tapi juga mendukung program pembangunan.

Baca juga ini :  Tak Lengkapi Dokumen Karantina, Anjing Belgian Malinois Ditolak Masuk Balikpapan

“Mudah-mudahan ke depannya dewan adat dayak dapat selalu menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik dengan Pemerintah Kota Balikpapan maupun dengan unsur masyarakat lainnya yang ada di Kota Balikpapan,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.