Wali Kota Rahmad Mas'ud saat menandatangani kerjasama

Pemkot dan PHM Kerjasama Pengelolaan Sampah Jadi Gas Metana untuk Masyarakat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com  – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dan Pertamina Hulu Mahakam (PHM) kerjasama dalam pengelolaan sampah menjadi gas metana (CH4) yang dimanfaatkan warga sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar, Rabu (15/09/2021).

“Alhamdulillah artinya bermanfaat, mindset harus dirubah bahwa tempat pembuangan sampah itu limbahnya bau tapi pada kenyataannya lihat saja bisa dimanfaatkan,” ujar Wali Kota Rahmad Mas’ud usai pertemuan dan MoU Dengan PHM di TPA sekaligus menandatangani plakat kampung Energi sekaligus menyalahkan pipa api dari gas metana yang dikelola di TPA Manggar.

Dia mengatakan, sebanyak 3-4 RT dengan ratusan kepala keluarga (KK) sekitar TPA Manggar, Balikpapan Timur yang kini bisa memanfaatkan gas metana untuk keperluan memasak maupun penerangan,

“Menghasilkan ada 120 KK yang memanfaatkan dari limbah gas metanol menjadi produktif. Bagus kan untuk penerangan lampu, menggunakan masak. Jadi bermanfaat,” katanya.

Harapannya, bisa lebih dikembangkan lagi dan dinikmati masyarakat luas. Karenanya dia menyampaikan apresiasi kepada PHM yang telah berpartisipasi dan mendukung penuh.

“Mudah-mudahan bisa kita kembangkan, termasuk menjaga isu lingkungan kita. Kita bersyukur, mau tidak mau kita harus berterima kasih karena banyak membantu,” ujarnya.

Kata dia, selama ini PHM juga turut membantu dalam pendidikan, kesehatan dan kegiatan sosial. “Tentunya kedepannya kita harus tingkatkan lagi kerjasamanya, bantuan-bantuan dari perusahaan,” pungkasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Update 17 Maret 2021 : Bertambah 42 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 85 Pasien Sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.