Pemkot Ingin Hasil Investigasi KNKT Jadi Bahan Evaluasi Pembenahan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah menyelesaikan hasil investigasi sejumlah penyebab kecelakaan di turunan simpang Muara Rapak pada Jumat (21/6/2022).

Dalam rilis yang disampaikan di Aula Pemkot Balikpapan, Kamis (23/6/2022)  tersebut, Pemerintah Kota Balikpapan yang diwakilkan Pj Sekda Kota Balikpapan Muhaimin memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada KNKT dan semua pihak terkait yang sudah bersinergi dalam upaya menemukan fakta-fakta terkait kecelakaan beruntun simpang muara rapak yang terjadi pada 21 Januari 2022 silam.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa kecelakaan tersebut bukan yang pertama kali terjadi di kawasan simpang muara rapak, dan ini mendapatkan sorotan yang cukup luas,” ujar Muhaimin.

Oleh karena itu Pemkot Balikpapan sangat berharap hasil temuan rekan-rekan KNKT ini dapat menjadi pelajaran dan bahan evaluasi semua, instansi dan stakeholder terkait, agar dapat menggunakan kewenangannya.

“Serta mengambil langkah-langkah pembenahan, sehingga musibah ini tidak kembali terulang di kemudian hari,” akunya.

Pemerintah kota Balikpapan merespon kejadian ini dengan mengeluarkan surat edaran Walikota yang pada intinya lebih memperketat waktu edar kendaraan bertonase berat di jalan-jalan dalam kota.

“Namun tentunya diperlukan sinergi dan kolaborasi yang lebih kuat dari seluruh instansi terkait, agar ditemukan solusi yang lebih efektif untuk jangka panjang,” imbuhnya.

Simpang muara rapak merupakan salah satu titik strategis bagi aktivitas masyarakat kota balikpapan, di mana menjadi titik pertemuan dari 5 jalur yang mengarah ke jalan-jalan utama di kota balikpapan, yang biasanya memang sudah ramai sejak pagi hari.

“Mengingat pentingnya simpang muara rapak ini bagi denyut nadi perekonomian kota balikpapan, maka kita berkewajiban untuk melakukan pembenahan agar aktivitas lalu lintas di kota balikpapan bisa lebih berkeselamatan, yang juga erat kaitannya dengan mewujudkan balikpapan nyaman dihuni,” jelasnya.

Baca juga ini :  Komisi IV Balikpapan Soroti Persiapan PPDB 

Sementara itu, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya memberikan rekomendasi untuk perbaikan. Masalah penyebab lainnya yang juga memberikanKontribusi signifikan kelelahan pengemudi.

“Kita harapkan ini bisa ditanggulangi soal kelelahan sopir, apalagi dengan adanya antrian solar. Disini penanggulangan sudah cukup baik dalam mengurangi menghilang kan antrian solar,” ucap Soerjanto Tjahyono, saat rilis hasil investigasi kecelakaan tabrakan beruntun truk tronton di simpang Rapak, di aula pemkot, Kamis (23/6/2022). 

Bahkan Kepala KNKT, Soerjanto Tjahyono, menambahkan, hasil penelusuran di lapangan soal antrian truk terdapat sopir truk yang antri 3 hari dicerai istrinya.

“Namun kami melihat penanganan antrian solar sudah cukup lebih baik dari sebelumnya,” katanya.

Soerjanto menekan bahwa hasil investigasi tidak dapat dijadikan bukti untuk pengadilan. Disisi lain, KNKT menilai angkutan barang ini salah satu urat nadi ekonomi. Karena tanpa mereka ekonomi akan macet. 

“Kita dukung perbaikan bersama. Angkutan barang ini pahlawan kalau gak ada ekonomi macet.  Negara bergantung mereka. Karena itu kita perbaiki sama-sama angkutan barang jasa bisa memiliki keselamatan yang baik,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.