Konfrensi Pers Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan

Pemkot Pertimbangkan Embarkasi Haji Jadi RS Darurat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Terus melonjaknya kasus terkonfirmasi positif covid-19 membuat Pemerintah Kota Balikpapan berupaya untuk memenuhi ketersediaan fasilitas kesehatan (faskes) khususnya ruang perawatan dan ICU pasien covid-19.

Salah satu yang kini tengah dipertimbangkan yakni Embarkasi Haji Batakan diubah menjadi rumah sakit darurat. Karena jumlah pasien covid-19 dengan riwayat gejala yang harus mendapatkan perawatan di rumah sakit terus meningkat hingga hari ini.

“Kalau antisipasinya apakah kita perluasan tempat tidur, apakah mulai memikirkan Embarkasi Haji bisa kita tingkatkan jadi rumah sakit darurat, sedang kita bahas,” ujar Wali Kota Rizal Effendi dalam Konfrensi Pers pada Jumat (15/01/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengungkapkan, hingga Kamis (14/01) kemarin, jumlah tempat tidur untuk perawatan ataupun isolasi pasien covid-19 di delapan rumah sakit kini hanya tersisa 42.

“Kondisi jumlah tempat tidur dan pengisiannya Kamis 14 januari kemarin yaitu jumlah tempat tidur 447 yang terisi 405 yang tersisa 42,” ujarnya.

Bahkan untuk tempat tidur ICU hanya tersisa untuk 4 orang. Diantaranya 3 tempat tidur ICU khusus untuk anak-anak. “Kemudian jumlah ICU 37 tempat tidur terisi 33, yang tersisa ada 4, di rumah sakit  Hermina dan 3 ini untuk anak, bukan ICU dewasa,” jelasnya.

Hari ini penambahan kasus positif mencapai 167 orang dan 4 meninggal. ” Ini tertinggi kasus. Belum turun kasus kan diatas 100 terus kita, ” tukasnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Update 7 Maret 2021 : Tembus 58.039 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 1.363 Kasus Kematian

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Kasus positif covid-19 di Kaltim kini tembus 58.039 orang sejak awal pandemi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.