Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Arjuna Lamaru

Warga Kampung Tangguh Nusantara Arjuna, Mayoritas Petani dan Peternak

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi didampingi Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi dan Dandim 0905 Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa melakukan pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Arjuna RT 13 Kelurahan Malaru, Balikpapan Timur, Minggu (11/04)

Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Arjuna itu, juga dibarengi dengan panen raya. Tampak hadir sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) diantaranya, Asisten I Syaiful Bahri, Kepala Dinas Kesehatan Andi Sri Juliarty, Kepala Satpol PP Zulkifli, Camat Balikpapan Timur dan Lurah Lamaru.

Ketua RT 13 Kelurahan Lamaru La Ode mengatakan, Kampung Tangguh Nusantara Arjuna rata-rata warganya mata pencahariannya dari bertani. Bahkan mereka menjadi percontohan untuk program ketahanan pangan.

“Dimana dalam keseharian masyarakat bercocok tanam sehingga dijadikan salah satu percontohan diwilayah Balikpapan Timur untuk mengikuti program ketahanan pangan dan Kampung Tangguh Nusantara,” ujarnya

Mereka juga dilengkapi dengan fasilitas protokol kesehatan (prokes), termasuk rumah isolasi bagi pasien covid-19, pos kamling, posyandu, dapur umum. Selain petani, warga juga ada yang juga budidaya ikan maupun peternakan sapi.  

“Warga mata pencaharian terbesar bertani dan bercocok tanam, terdiri dari 120 kepala keluarga, 456 jiwa. fasiulitas rumah covid-19, dapur umur, kolam ikan, budidaya peternakan, Gazebo dan sound system,” ujarnya.

Warga juga kerap mendapatkan pelatihan untuk pengembangan diri diantaranya pembuatan olahan makanan, pelatihan UMKM bagi warga program keluarga harapan (PKH). “Jenis kegiatan pengembangan diri,” ujarnya

Mereka juga berterima kasih atas pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Arjuna RT 13 Kelurahan Lamaru. Harapannya dengan ditetapkannya sebagai Kampung Tangguh Nusantara akan berdampak pada ekonomi warga sekitar.

“Semoga dengan awal dicanangkannya kampong kami sebagai kampong KTN, harapan kami warga kami akan lebih bersemangat untuk bergotong-royong untuk membersihkan lingkungannya,” ujarnya

Baca juga ini :  Persiba Sayangkan Rumput Stadion Batakan Diinjak-Injak Kegiatan Foto Pernikahan

“Dan harapan kami lagi ada peningkatan dalam penghasilan, dalam kesehariannya dalam pekerjaan kami,”

Mereka juga berharap, dengan ditetapkannya sebagai Kampung Tangguh Nusantara Arjuna RT 13 Lamaru, gelontoran bantuan bagi warga. Karena rata-rata sebelumnya seluruh fasilitas yang ada adalah murni swada masyarakat.

“Ada kandang sapi dalam tahap renovasi, kami mohon bantuannya karena semua kegiatan kami di Kampung Tangguh Nusantara ini murni swadaya, harapan kami ada sedikit asa untuk dibantu,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.