Muhaimin

Pemkot Siapkan Pansel Direksi Perumda Tirta Manuntung

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan membentuk panitia seleksi calon direksi Perumda Tirta Manuntung Balikpapan atau PDAM Kota Balikpapan.

Pembentukan panitia seleksi ini dilakukan untuk mengisi jabatan dua direksi PDAM yang kosong pasca dicopotnya Haidir Effendi dari jabatan Direktur Utama dan Arief Purnawarman dari Direktur Teknik pada akhir Desember 2021 lalu.

“Bulan Oktober ini, Insya Allah dibentuk dan sekretariatnya ada di bagian ekonomi,” kata Plh Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin kepada wartawan, Senin (10/10/2022).

Muhaimin menyampaikan, bahwa pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM) Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB).

“Kita sudah berkoordinasi dengan KPM yakni pak wali, mungkin pertengahan Oktober ini akan dilakukan assessment dulu untuk jabatan direksi, Kabag dan kasubag,” ujarnya.

Ia menuturkan bahwa pelaksanaan asesmen ini bertujuan untuk memetakan penempatan masing-masing pejabat di lingkungan PDAM.

Setelah selesai akan dilakukan penempatan sesuai dengan kompetensinya. Dan setelah itu baru dilakukan lelang jabatan untuk posisi direksi.

“Kita lihat dulu teman-teman yang ada ini kita asesmen dulu dengan melibatkan tim dari Badan Pengembang Kepegawaian dan SDM (BKPSDM) , juga dari profesional. Misalnya seseorang itu tidak cocok posisi keuangan, nah gitu itu kita lakukan penyesuaian. Setelah semua posisi di Kabag itu, kasubag itu clear, baru kita lelang di pucuk pimpinannya,” tuturnya.

Muhaimin menerangkan, bahwa untuk pembentukan panitia seleksi akan terdiri dari internal Pemkot, profesional dan juga dari perguruan tinggi.

“Seleksi ini tidak hanya membuka kesempatan bagi internal, namun juga di lingkungan eksternal PDAM, dalam hal ini masyarakat umum,” akunya.

Dua jabatan direksi PDAM Perumda Tirta Manuntung Balikpapan hingga kini masih kosong. Oktober ini, pemkot menargetkan sudah bisa melakukan tahapan seleksi calon direktur utama.

Baca juga ini :  KPU Balikpapan Nyatakan Tidak Ada Calon Independen

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, pihaknya akan melakukan tahapan seleksi untuk mengisi kekosongan jabatan dua direksi tersebut.

“Kami juga telah melakukan pembentukan tim yang akan ditugaskan sebagai panitia seleksi untuk menjalankan tahapan seleksi calon direksi. Kita sudah asesmen, kita sudah bentuk tim pansel,” kata Rahmad.

Ia menargetkan, pelaksanaan tahapan seleksi calon direksi PDAM, apabila tidak ada halangan, dapat mulai dilaksanakan pada akhir Oktober ini.

“Mudah-mudahan di akhir Oktober ini tidak ada halangan kita asesmen. Karena sampai saat ini hanya diisi oleh pejabat sementara,” ujarnya.

Ia menegaskan, bahwa dalam proses tahapan seleksi ini akan dilaksanakan secara terbuka. Tidak hanya memberikan kesempatan kepada internal PDAM, namun juga masyarakat umum. “Kita kan selalu terbuka. Bisa saja, asalkan memenuhi persyaratan,” bebernya.

Sebagai informasi, saat ini, jabatan Direktur Utama Perumda Tirta Manuntung masih dijalankan oleh Purnamawati sebagai pelaksana tugas (Plt), setelah dicopotnya Haidir Effendi dari jabatan direktur utama dan Arief Purnawarman dari direktur teknik pada akhir tahun lalu.

“Keterbukaan ini dalam rangka kelancaran organisasi, agar kinerja PDAM ini dapat efektif dan efisien untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.