DPU Balikpapan
Plt Kabid SDA DPU Balikpapan, Faridah

Penanganan Banjir, Pekan Ini Kontaktor Angkat Abutment Jembatan PDAM

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dalam pekan ini Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan bersama kontraktor proyek pengendalian banjir akan mulai melakukan pengangkatan abutment atau bongkahan beton yang menutupi aliran air dibawah jembatan PDAM.

Selain itu, DPU Balikpapan Kota juga bersama Satlantas Polresta Balikpapan sedang mempersiapkan waktu yang tepat memulai pembuatan drainase di depan global sport untuk pengaturan lalu lintas.

” Kemarin baru diinfo satlantas minta didampingi untuk peninjauan lapangan. Setelah peninjauan lapangan adalah arahan satlantas titik mana dulu untuk dikerjakan. Kalau sudah ada arahan kami rakit besi,” kata Plt Kabid Pengairan DPU Balikpapan Faridah ditemui media, Rabu (21/9/2022).

Di jalan MT Haryono depan global sport akan dilakukan pembersihan kiri kanan jalan. Di lokasi ini selain dibuat drainase juga ada peninggian badan jalan.

Kemudian untuk jadwal pengangkatan abutment, DPU akan mendatangkan alat berat namun tidak dilakukan saat jam kerja.

“Kita datangkannya dari Kariangau cuma malam alat berat termasuk Jack hammer untuk ancurkan beton Kan ada jam operasional kendaraan berat,” ungkapnya.

Dijadwalkan setelah pengangkatan abutment di jembatan PDAM akan dilanjutkan pengangkatan abutment di jembatan Zurich, Jalan Jenderal Sudirman.

“Itu primer Ampal. Itu akan kita kerjakan dulu. Targetkan kontraktor minggu ini Kerjakan yang di jembatan PDAM,” ujarnya.

Diketahui pemerintah pada anggaran 2022-2023 dalam proyek multiyear penanganan banjir mengalokasikan Rp136 miliar untuk enam lokasi proyek. Diantaranya pembuatan drainase dan peninggian jalan depan global sport, pengangkatan abutment di dua jembatan PDAM dam dan Zuric, pelebaran drainase jalan MT Haryono mulai jembat ke arah Auto 2000 atau sebaliknya.

Sedangakan, penanganan banjir di Kota Balikpapan mulai dilaksanakan, salah satunya pengangkatan abutment di bawah jembatan PDAM Jalan MT Haryono dan Jembatan Hotel Zurich Jalan Jenderal Sudirman.

Baca juga ini :  Kembali Lanal Balikpapan Gelar Serbuan Vaksinasi di Pelabuhan Semayang

Adapun pihak kontraktor pelaksana sudah mulai melakukan pengangkatan abutmen di bawah Jembatan PDAM sejak Jumat (23/9/2022).

“Untuk pengerjaan pembersihan abutmen di bawah jembatan ini diperlukan waktu sekitar seminggu sudah tuntas,” kata Inspector 2 PT. Yodya Karya, Tauris Adiputra di lokasi kegiatan.

Selain melakukan pembersihan abutmen, kontraktor juga akan mulai melakukan pekerjaan fisik untuk dibeberapa titik lokasi.

“Saluran sekunder inhutani sampai depan Toyota juga mulai dikerjakan, kalau untuk saluran Balikpapan Baru itu dimulai Jembatan Beler sampai Astra, tapi yang belum dikerjakan oleh pihak provinsi,” akunya.

Sedangkan kalau di depan global sport inklud dengan pengerjaan drainase 200 meter dan peninggian badan jalan.

“Termasuk saluran drainase di perumahan wika sekitar 600 meter sampai gorong gorong tembus global sport,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.