Pencanangan dan Pembinaan Pelayanan Lembaga Publik Berbasis HAM di Kaltim

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Kantor Wilayah (Kanwail) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Kaltim menggelar kegiatan pencanangan dan pembinaan pelayanan lembaga publik berbasis HAM (P2HAM) TA 2022,  bagi seluruh unit kerja Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kaltim, di Hotel Grand Senyiur pada Rabu, (3/8/2022).

Kegiatan yang berlangsung dalam kesempatan tersebut nampak dihadiri secara lancang oleh, Direktur Jenderal HAM, Dr. Mualimin Andi, dan bersama seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian Se-Kaltim.

Usai kegiatan, Direktur Jenderal HAM, Dr. Mualimin Andi mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka menjalankan amanah undang-undang dasar 1945. Dan amanah UU RI Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM.

“Disana dikatakan bahwa setiap orang tidak boleh dilakukan secara diskriminasi. Setiap orang berhak memperoleh segala hal terkait dengan dirinya termasuk pelayanan dan wajib berkepastian hukum,” akunya.

Selain dia katakan di dalam implementasi hak asasi manusia harus bernilai keadilan. Kemudian seperti halnya yang masuk dalam klasifikasi rentan seperti anak, disable dan perempuan yang sedang hamil. Itu mereka juga berhak untuk diberikan pelayanan yang bersifat khusus.

“Artinya, karena hak asasi ini melakat pada setiap orang sebagai makhluk ciptaan tuhan. Maka sejatinya negara khususnya pemerintah maka berkewajiban menghormati, melindungi, memenuhi dan menegakkan dan memajukan HAM. Salah satunya abstrak dan dikonkretkan dengan mendorong dan menggalakan kegiatan ini” tambahnya.

Kemudian, setiap orang berhak memperoleh hak kepastian dan tidak diskriminatif harus sesuai dengan nilai-nilai keadilan. 

Sejauh ini untuk penerapan di Kaltim, dia katakan berdasarkan hasil kunjungan dirinya di Kaltim khususnya di Rutan dan Lapas. Semuanya sudah memenuhi kriteria yang dirinya sebutkan.

“Kalau di Rutan saat ini sudah menyiapkan gading blok khusus untuk tunanetra. Sementara untuk lapas semua sudah bagus,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.