Hasbul;ah Helmi menunjukkan digital identotas di telepon selulernya

Penerapan Digital Identitas Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Hingga kini keamanan data pribadi masih menjadi persoalan di Indonesia. Terkhusus di era digital. Karenanya perlu ada solusi konkrit dari pemerintah untuk mengatasinya.

Terbaru Pemerintah telah mengeluarkan digtal indentitas. Namun belum diberlakukan luas dan masih terbatas yang punya. Diantaranya Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan Hasbullah Helmi.

“Kita tunggu pusat open (buka) buat masyarakat kita buka,” ujar Hasbullah Helmi kepada inibalikpapan.com, Kamis (11/08/2022).

Dia mengatakan, dengan digital identotas akan lebih memudahkan penngguna. Karena tak perlu banyak membawa identitas maupun dokumen pribadi. Karena lewat digital identitas sudah menjadi satu.

“Ada data keluarga, KTP, artu keluarga (KK), NPWP, sertifkat vaksin juga ada. Termasuk BPKB kendaraan,” ujarnya.

Bahkan untuk pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri juga lengkap dengan nomor induk kepegawaian. (NIK). Termasuk juga nananti akan ketahuan tempat pemungutan suara (TPS) bersangkutan.

“Data keluarga, dokumen lengkap. Kalau sudah keluar DPT (daftar pemilih tetap) ,TPS berapa keluar,” ujarnya

Helmi bahkan kini tak lagi membawa dompet, KTP ataupun data pribadi karena sudah lengkap di digital identitas. Hanya tinggal menunjukkan melalui telepone seluler pribadinya masing-masing.

 “Enak teryata . KTP fisik gak ada, tunjukin ini saja. Aku gak bawa dompet,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Pleno KPU Balikpapan Tetapkan DPT 443.243, Turun 1.981 Pemilih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.