Aliev AA pelajar SMP Negeri 2 Balikpapan mengikuti protokol kesehatan saat simulasi pembelajaran tatap muka (14/12/2020)

Penerapan PHBS Jangan Hanya Selama Pandemi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tidak boleh hanya diterapkan selama pandemi Covid-19 sembari menanti vaksin. Namun, harus menjadi gaya hidup yang terus-menerus dilakukan oleh masyarakat Balikpapan.

Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan Suryani mengingatkan, PBHS diterapkan bukan untuk sementara waktu sampai pemberian vaksinasi, namun harus menjadi budaya dan gaya hidup baru masyarakat Balikpapan seterusnya. Ia menambahkan, pandemi Covid-19 merupakan peristiwa langka yang berdampak besar, sulit diprediksi dan menimbulkan berbagai ketidakpastian di kalangan masyarakat.

“Untuk dapat mengakhiri pandemi Covid-19 perlu upaya perubahan perilaku hidup bersih dan sehat secara berkelanjutan dari masyarakat, selain juga melalui vaksinasi. Oleh karena itu, informasi yang terpercaya menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat supaya terhindar dari kekeliruan penyampaian informasi yang menyebabkan kebingungan,” ujar Suryani kepada awak media, Selasa (15/12/2020).

Suryani menambahkan, informasi yang kredibel dan terpercaya sangat diperlukan untuk menjamin arus infomasi yang bebas dari penyalahgunaan informasi seperti misinformasi, ia berharap para insan pers dapat menjalankan tugasnya dalam menyampaikan pentingnya menerapkan PHBS.

“Di sinilah peranan penting insan pers untuk mencerdaskan masyarakat melalui pemberitaan yang edukatif, informatif, akurat, dan komprehensif dalam menggambarkan fenomena Covid-19 dan berbagai dampaknya,” akunya.

Menurut Suryani, insan pers menjadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi akurat terkait Covid-19 dan program vaksinasinya kepada masyarakat secara luas. Ia berharap mereka dapat memberikan informasi data dan penjelasan ilmiah secara akurat terkait pentingnya pencegahan Covid-19, sehingga kesadaran masyarakat terhadap Covid-19 meningkat.

“Insan pers merupakan garda terdepan dalam menginformasikan program pemerinrah kepada masyarakat secara luas. Dalam menyuguhkan informasi mengenai Covid-19,” tutup Anggota DPRD Dapil Balikpapan Timur ini.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.