Peningkatan Kasus Covid Karena Tracing Berjalan Baik, Juli Diperkirakan Masih Tinggi Penambahan Kasus

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  RSKD Balikpapan menambah 40 ruang  isolasi bagi pasien covid 19 yang kian hari bertambah terus. Saat ini 80 tempat tidur yang disiapkan di dua blok sudah penuh namun  RSKD menyiapkan satu blok yang dapat menampung 40 ruangan.

Direktur Operasional RKSD Eddi Iskandar menilai peningkatan di Balikpapan dengan jumlah yang signifikan karena berjalannya tracing  yang dilakukan tim DKK Balikpapan  berjalan bagus yakni dalam bentuk rapid tes maupun swab.

“Ini karena kinerja dinas kesehatan dengan timnya sehingga ada grafik seolah-olah naik tapi itu temuan dimana kita menangkap  lebih dulu pasien covid. Jadi bukan terjadi wabah yang besar tapi karena memang tracing kita bagus,” tuturnya saat rilis covid-19 kota Balikpapan, dome, Kamis siang (25/6/2020). Seperti hari ini ada 8 kasus penambahan terkonfirmasi positif dan 14 pasien sembuh.

Dengan peningkatan ini pihak RS sudah mengantisipasi termasuk RSKD . “Dua blok sudah penuh sekarang siapkan 1 blok untuk 40 kamar. JAdi siap saja untuk peningkatan berapapun sehinga tidak perlu menambah rumah sakit darurat ,” ujarnya.

Kepala DKK dr Andi Sri Juliarty menambahkan tracing yang dilakukan juga menyasar kepada pekerja perusahaan Termasuk migas dan batu bara yang datangke Balikpapan

“Sehingga ketemu klaster migas dua itukan. Ini tambah lagi 1 lagi jadi 8 orang dari 114 itukan kemarin  tiga dan -empat  sekarang empat-empat jadi delapan,” ujarnya.

Dia perkirakan kondisi tren kenaikan ini hingga Juli 2020 karena itu penting adanya pengertian dari semua perusahaan dan masyarakat agar melengkapi pekerja yagn dari luar masuk ke Kaltim atau Balikpapan dilengkapi PCR dari daerah asal.

“Pekerjaan apaan saja baik migas, tambah, elektrikal atau perusahaan apapun tolong pengertiannya kalau datangkan dari luar tolong PCR di luar juga,” tandasnya mengingatkan kembali.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.