Agus Budi / cendananews

Penyusunan Program Menyesuaikan RPJMD Wali Kota Baru

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Komisi III DPRD Kota Balikpapan menggelar rapat dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) membahas program kedepan pasca dilantiknya Wali Kota terpilih yang rencananya Mei 2021.

“Untuk kedepan sih, jadi mengingatkan untuk beberapa evaluasi yang dilakukan Komisi III terhadap supaya menjadi perhatian, di penyusunan perencanaan yang akan datang,” ujar Kepala Bappeda Kota Balikpapan Agus Budi usai rapat, Senin (18/01).

“Menyesuaikan RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah) yang akan datang dengan wali kota yang baru. Kesehatan, pendidikkan, banjir prioritas dan Sslebihnya juga kami melengkapi untuk penyusunan RPJMD,”

Dia mengatakan, ada tiga prioritas utama RPKMD Wali Kota terpilih yakni pendidikkan, kesehatan dan penanganan banjir. Sehingga banyak mendapatkan masukkan dari Komisi III untuk penyesuaian program di masa transisi kepemiminan.

“Antara lain misalnya masalah pendidikkan, masalah kesehatan kemudian masalah banjir. Tadi banyak masukkan yang diberikan oleh komisi III,” ujarnya.

Soal pendidikkan yakni penambahan rombel atau kelas baru, kemudian pendidikkan seragam sekolah gratis dan kesehatan menyangkut covid-19 dan iuran BPJS Kesehatan gratis khususnya kelas 3 bagi masyarakat yang tak mampu.

“Contoh pendidikkan itu ada rombel, kemudian ada juga usulan yang misalnya pakaian seragam, kemudian untuk kesehatan itu perhatian terhadap covid-19. Kemudian juga terkait dengan JKN bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu,” ujarnya

Kemudian penanganan banjir menyangkut wilayah yang akan menjadi prioritas. Diantaranya daerah aliran sungai (DAS) Ampal yang menjadi perhatian utama. Sejauh ini kata dia, sudah ada kajian yang dilakukan, termasuk MoU.

“Kalau untuk fisik banyak masukkan terkjait dengan banjir daerah-daerah yang menjadi perhatian dan perlu mendapatkan prioritas, banyak yang disampaikan, semua wilayah di Balikpapan, misalnya DAS Ampal menjadi perhatian,” ujarnya

“Kita sudah ada kajian yang dibuat Bappeda untuk penanganan banjir untuk DAS Ampal itu mungkin jadi prioritas kita. Kebetulan kita ada MoU dengan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat untuk segmen DAS Ampal ini menjadi prioritas utama,”

Sementara soal penanganan covid-19 diminta untuk membuat perencanaan yang baik untuk mengatasinya dan tetap optimis. “Makanya apa yang menjadi masukkan Komisi III menjadi bahan untuk menyusun perencanaan,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Update 7 Maret 2021 : Tembus 58.039 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 1.363 Kasus Kematian

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Kasus positif covid-19 di Kaltim kini tembus 58.039 orang sejak awal pandemi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.