BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Memperingati Hari Dharma Samudera, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan melakukan tabur bunga di Teluk Balikpapan, Sabtu (15/01/2022).

Dalam kesempatan itu Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo menyampaikan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksama TNI Yudo Margono yang menggelar upacar di Surabaya

Dalam rilis yang diterima inibalikpapan.com, Yudo dalam sambutannya bersykur diberikan kesehatan sehingga masih bisa memperingati Hari Dharma Samudera tahun ini ditengah pandemi covid-19.

“Hari yang kita gunakan sebagai momentum untuk mengenang kepahlawanan pejuang-pejuang samudera yang telah mendharma-bhaktikan hidupnya demi kejayaan bangsa dan Negara,” ujarnya.

Menurutnya, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) secara geografis dianugrahi sumber day alam (SDA) yang melimpah baik dai darat maupun di laut yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Geografi NKRI yang strategis merupakan anugerah Tuhan yang maha kuasa apalagi lengkap dengan sumber daya alam yang melimpah, baik di darat, di laut maupun di bawah dasar laut,” ujarnya

Karena letaknya yang strategis dan kekayaan SDA sehingga sejak sebelum kemerdekaan, Indonesia selalu menjadi daya tarik negara lain untuk merebut dan menguasainya.

“Menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki arti penting bagi bangsa-bangsa di dunia tidaklah mengherankan bila sejak dahulu kala, berbagai bangsa berusaha untuk dapat memegang kendali, bahkan menguasai wilayah nusantara,” ujarnya

“Praktik-praktik kolonialisme yang diikuti dengan gerakan ekspansi bangsa lain membuat bangsa indonesia harus mengalami masa-masa perjuangan merebut kemerdekaan. bahkan perjuangan tersebut tidak lantas berhenti setelah proklamasi,”

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version