Peringati HUT ke-77 TNI, Pangdam VI Mulawarman Ingatkan Sejarah TNI

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dalam memperingati HUT ke-77 TNI yang mengangkat tema TNI Adalah Kita, sebuah representasi dimana TNI merupakan bagian daripada rakyat itu sendiri.

Sebagaimana disampaikan Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, bahwa TNI berasal dari sejarah perjuangan rakyat yang tidak sebentar.

“TNI itu tidak begitu saja ada. Istilahnya kalau dalam bahasa Jawa itu tidak ujug-ujug ada. Tapi melalui proses yang panjang,” ulas Mayjen TNI Tri Budi di sela kegiatan, Rabu (5/10/2022).

Ia pun mengenang, lahirnya TNI berangkat dari keberanian rakyat mengusir penjajah meski hanya bermodalkan senjata berkapasitas ala kadarnya.

Baginya, TNI yang merupakan bagian dari rakyat haruslah prajurit untuk mengingat latar belakangnya. Sehingga menjadi acuan dalam bekerja.

Sementara itu, dalam amanah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa yang di bacakan Inspektur Upacara Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan, berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, diantaranya Hasil Survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik

sebesar 93,2 persn.

Sedangkan Hasil Survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 31Agustus 2022 TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93 persen. 

Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93.5  persen.

“Oleh karenanya, Saya menghimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan Tugas Pokok TNI,” ajaknya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.