BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, secara resmi membuka Apel Dansat secara virtual Tersebar di wilayah Kodam VI/Mulawarman TA. 2020 bertempat di Ruang Yudha Makodam VI/Mulawarman, Selasa (8/9/2020).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan situasi pandemi Covid-19, untuk pertama kalinya Kodam VI/Mulawarman menggelar Apel Komandan Satuan (Apel Dansat) secara virtual yang dibagi menjadi 3 titik di wilayah Kodam VI/Mulawarman dalam pelaksanaannya yaitu Jajaran Korem 091/Asn dilaksanakan di Yonif 611/Awanglong, Korem 101/Ant dilaksanakan di Gedung Mahligai Pancasila kediaman Gubernur Kalimantan selatan dan Korem 092/Mrl dilaksanakan di Yonif R 613 Raja Alam.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yang dimulai tanggal 8 s.d 9 September 2020 yang mengusung tema “Dengan Apel Komandan Satuan, kita wujudkan Satuan yang Profesional, Berdisiplin Tinggi, Solid, Sinergi dengan semua elemen bangsa, Tangguh, Berwawasan Kebangsaan dan Dicintai Rakyat di Wilayah Kodam VI/Mulawarman”.

Dalam penyampaian sambutan Pangdam yang pertama kalinya di lakukan dalam bentuk video yang ditayangkan secara virtual ke semua lokasi berisikan beberapa hal yang harus menjadi pedoman para peserta dalam pelaksanaan Apel Komandan Satuan juga tujuan kegiatan tersebut untuk menyatukan visi dan misi, menciptakan kesamaan dalam pemahaman nilai-nilai jati diri prajurit Kodam VI/Mulawarman guna memelihara soliditas yang dibangun melalui komunikasi dua arah antara pimpinan Kodam VI/Mulawarman dengan para komandan satuan,” ujar Pangdam dalam sambutannya.

Beberapa point penting yang harus dilakukan para Komandan Satuan jajaran Kodam VI/Mulawarman untuk tindakan pencegahan terhadap terjadinya Karhutla dan penyiapan satuan kowil dalam melaksanakan program Ketahanan Pangan,”.

Kedua program tersebut merupakan perintah Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo yang harus dilaksanakan secara optimal oleh seluruh satuan jajaran Kodam VI/Mulawarman,” imbuh Pangdam.

Lebih lanjut lagi Pangdam menambahkan tentang penggunaan media dalam mengekspose kegiatan Kodam, baik media cetak, elektronik dan online.”Laksanakan publikasi kegiatan satuan jajaran secara proporsional, kreatif dan humanis  untuk menuju kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah Kodam VI/ Mulawarman dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD,” tutur Pangdam.

Diakhir penyampaian jenderal bintang dua tersebut mengingatkan untuk tetap Laksanakan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan Apel Dansat Tersebar TA 2020 untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 bagi diri sendiri, rekan maupun keluarga.

Kegiatan di lanjutkan dengan menyaksikan penayangan video dari Asisten Kasdam VI/Mulawarman dalam menyikapi dan memperbaiki kinerja satuan masing-masing.

Pelaksanaan Apel Komandan Satuan secara virtual menjadi hal baru yang harus menjadi kebiasaan di lingkungan prajurit di tengah Pandemi Covid-19 sekaligus bisa berkomunikasi secara langsung melalui daring sebagai bagian upaya pimpinan untuk bisa bertatap muka langsung dengan unsur pimpinan bawahan walaupun dalam suasana Covid 19 yang saat ini menjadi permasalahan kita bersama.Penegakan disiplin protokol kesehatan menjadi hal yang harus dilakukan baik oleh prajurit, keluarganya maupun masyarakat.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version