Pertamina Gelar Kuliah Lapangan Bagi Mahasiswa S1 PIN Unmul 

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – PT Pertamina Patra Niaga (PPN) di Regional Kalimantan menerima kunjungan mahasiswa Program S1 Pemerintahan Integratif (S1 PIN) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda dalam rangka melakukan Kuliah Lapangan bertempat di Banua Patra, Kota Balikpapan, pada Rabu (23/11/2022). 

Kuliah lapangan diikuti sebanyak 43 mahasiswa didampingi Drs. Andik Riyanto, M.Si. selaku dosen perwakilan dari Unmul.  Turut hadir dalam kegiatan kuliah lapangan ini Area Manager Human Capital PPN Regional Kalimantan Leonardo Hendrik M, Pjs Area Manager Medical Kalimantan dr. Khairunissa dan Arizky Rachmad Sudewo dari Fungsi HSSE Regional Kalimantan.

Dalam sambutanya Andik Riyanto, menyampaikan tujuan melakukan kuliah kunjungan ini untuk mendapatkan pengetahuan tentang proses bisnis dan kegiatan kehumasan termasuk Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dilaksanakan oleh Pertamina.  

“Harapannya melalui kuliah lapangan ini mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan informasi langsung dari narasumber yang berasal dari Pertamina,” ujar Andik.

Ia menambahman, Pertamina merupakan salah satu BUMN dengan program kehumasan yang sangat baik, program kehumasan yang dijalankan sangat luar biasa dan memberikan dampak yang positif terhadap perusahan. 

”Kami berterima kasih kepada Pertamina yang sudah bersedia memberikan kuliah lapangan bagi mahasiswa kami dan kami berharap apa yang nanti akan disampaikan oleh narasumber dapat menambah pengetahun dan ilmu bagi kami,” sambung Andik.

Dalam kesempatan itu, selain memaparkan mengenai proses bisnis PPN Regional Kalimantan, terkait bagaimana pengeolaan industri hilir dalam pendistribusian BBM dan LPG, juga disampaikan paparan mengenai Kebijakan Health, Safety, security & Environment (HSSE) Patra Niaga oleh Arisky dari Fungsi HSSE dan edukasi terkait bahaya HIV/AIDS oleh dr. Khairunnisa dari Fungsi Medical.

Baca juga ini :  Balikpapan Bakal Keluarkan Regulasi Pengawasan WNA, Ini Tanggapan Imigrasi

Mahasiswa yang hadir pun tampak antusias dan aktif bertanya terkait kebijakan-kebijakan, strategi dalam menghadapi kondisi saat ini, kegiatan kehumasan, program TJSL dan kemitraan pertamina.

Salah satu perwakilan mahasiswa, Nabila menyampaikan sangat senang dapat mengikuti kuliah lapangan yang diadakan oleh Pertamina.  

“Banyak pengetahuan baru yang kami dapatkan setelah mengkuti kuliah lapangan ini baik terkait proses bisnis Pertamina maupun hal-hal yang terkait dengan program kehumasan dan program sosial kemasayarakatan yang dilaksanakan oleh Pertamina,” ungkap Nabila.

Kegiatan Kuliah Lapangan bagi mahasiswa S1 PIN Unmul ini merupakan hal yang sangat bermanfaat baik dari kami dari Pertamina maupun dari universitas.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik bagi perusahaan untuk berbagi pengetahuan tidak hanya proses bisnis tetapi juga kami dapat mensosialisasikan mengenai program-program lain yang dilaksanakan oleh Pertamina,” ujar Arya Yusa Dwicandra Area Manager Communication, Relations & CSR Kalimantan.

Pertamina selain menjalankan bisnis dan penugasan dari pemerintah terkait penyediaan dan pendistribusian BBM dan LPG, Pertamina juga melaksanakan program sosial kemasyarakatan untuk masyarakat yang berada di sekitar operasi perusahaan dalam bentuk Program Tanggung Jawab Sosial.  

“Pertamina bukan hanya semata menjalankan bisnis tetapi juga melaksanaan program sosial sebagai bentuk komitmen dalam turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Arya.

“Kami berharap apa yang disampaikan dalam kegiatan kuliah lapangan ini dapat menambah pengetahuan dan ilmu bagi mahasiswa yang mengikutinya serta dapat bermanfaat kedepannya,” tutup Arya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.