Pertamina Tawarkan Tema Penelitian Kepada Mahasiswa Kaltim

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Setiap mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan untuk menganalisa. Untuk mengembangan kemampuan mahasiswa khususnya dalam hal penelitian, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan selenggarakan Lomba Kajian Study untuk tingkat mahasiswa se Kalimantan Timur. 

“Lomba Kajian Study ini diperuntukkan untuk tingkat mahasiswa se Kalimantan Timur. Lomba dapat diikuti perorangan atau tim dengan maksimal 3 anggota,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin Minggu, (24/04/2022).

Chandra menjelaskan, bahwa tujuan dilakukan lomba ini adalah untuk mendorong minat penelitian di lingkungan mahasiswa. Selain itu, bagi perusahaan hasil penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut dapat menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi perusahaan.

Ada 5 tema yang ditawarkan dalam kompetisi ini yaitu Efektifitas Pengelolaan Media Sosial Instragram @pertamina_ru5, Pemanfaatan BSF (Black Soldier Fly) untuk Budidaya Peternakan atau Pertanian di Kawasan Hutan Lindung Sungai Wein Karang Joang, Kontribusi Pendidikan Nor Formal Bagi Peningkatan Sumber Daya Manusia pada Program Kampung Inggris Lawe-Lawe, Perubahan Perilaku Masyarakat dalam Menjaga Lingkungan di Kelurahan Margasari serta Strategi Pemasaran Produk yang dihasilkan oleh Mitra Binaan CSR.

“Tema-tema yang dimaksud merupakan hal-hal yang terkait dengan proses bisnis di RU Unit Balikpapan, sehingga nanti hasil penelitian teman-teman mahasiswa dapat menjadi masukan bagi perusahaan. Bagi mahasiswa dapat menjadi materi untuk penulisan skripsi maupun tugas praktek lapangan maupun kepentingan akademik lainnya,” kata Chandra.

Ada beberapa ketentuan yang harus diikuti oleh para peserta diantaranya peserta wajib mengisi form pendaftaran secara on line di link https://bit.ly/PendaftaranKajianStudiRU5

“Syarat dan ketentuan lainnya dapat dilihat di instagram @pertamina_ru5. Sementara untuk batas pendaftaran tanggal 2 Mei 2022,” kata Chandra.

Baca juga ini :  Gelar Raker Apeksi Secara Luring, Balikpapan Dapat Apresiasi

Pada saat pendaftaran, peserta wajib mengupload beberapa dokumen diantaranya penjelasan rencana kajian maksimal 2 lembar ukuran kertas A4. “Panitia akan memilih finalis dari dokumen yang masuk. Selanjutnya finalis diminta untuk membuat proposal penelitian dan tata waktunya,” kata Chandra.

Sebagai hadiahnya, panitia akan memberikan bantuan biaya untuk melakukan penelitian. “Kami berharap lomba ini akan diikuti oleh banyak peserta dan dapat menumbuhkan budaya penelitian di kalangan mahasiswa,” tutup Chandra.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.