PHKT Bangun Sumur Air di Desa Gunung Intan Guna Bantu Pemkab PPU Tekan Stunting

PENAJAM, Inibalikpapan.com – PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) melalui program CSR dan Pemberdayaan Masyarakat terus mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten PPU.

Realisasinya, PHKT memberikan bantuan berupa Sumur Air Bawah Tanah kepada Pemerintah Kabupaten PPU yang peruntukkan bagi masyarakat Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu, PPU.

Bantuan Sumur Air tersebut diserah-terimakan kepada Pemkab PPU bagi masyarakat Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu pada  22 Oktober 2020 di Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai wilayah Lokus Stunting.

Serah terima bantuan PHKT diwakili oleh Bagus Wibatsu Wahyuntoro, Superintendent Lawe Lawe Terminal PHKT dan Dharma Saputra selaku Asisten Manager CSR PHKT, dan diterima langsung oleh Ahmad Usman Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setkab PPU di Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu PPU.

Mewakili Bupati, Ahmad Usman menyampaikan  terima kasih dan apresiasi atas upaya PHKT dalam mendukung pemkab PPU mengatasi angka stunting di PPU. Pihaknya mendorong PHKT melanjutkan program ini bagi masyarakat sekitar.

“Saya akan terus mendorong dilanjutkannya program CSR PHKT dalam pemanfaatan air bawah tanah ini, kuantitas air tanah yang dihasilkan sebanyak 2 liter/detik ini setara dengan kemampuan memenuhi kebutuhan 200 sambungan rumah (SR) atau 800 jiwa, selanjutnya akan dilakukan pengolahan untuk meningkatkan kualitas airnya hingga layak konsumsi”, ungkap Ahmad Usman.

Pada kesempatan sama, Anggota Komisi I DPRD PPU Irawan  juga turut mengapresiasi CSR PHKT tersebut sehingga menjadi peluang desa melalui BUMDes untuk dapat mengelola air bawah tanah yang sangat membantu sebagai penyangga program-program pemerintah.

Sementara itu, Manager Relation PHKT, Tommy Sibuea mengatakan  bantuan sumur air bagi masyarakat Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu tersebut merupakan salah satu wujud komitmen PHKT mendukung Pemkab PPU dalam upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten PPU.

“Semoga dukungan PHKT terhadap program Pemkab PPU ini dapat mewujudkan target Pemerintah Indonesia untuk menurunkan angka stunting pada tahun 2024 mendatang” kata Tommy.

PHKT melalui program CSR pilar kesehatan turut berkontribusi dalam program pencegahan Stunting atau kondisi gagal pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi di Kabupaten PPU melalui beberapa program kesehatan, antara lain yaitu seperti pemberian bantuan Toolkit Posyandu, survei air bersih di wilayah Lokus Stunting, pengeboran Sumur Air, pemberian makanan tambahan, dilakukan Focus Group Discussion/FGD bertema “Gemar Makan Ikan (Gemari) untuk pencegahan stunting” dan juga Seminar Parenting untuk peningkatan kualitas kader posyandu.

Program-program CSR PHKT tersebut juga sejalan dengan program Pemkab PPU dalam membantu menekan angka Stunting di PPU. Bantuan Sumur Air Bawah Tanah ini dimulai dengan kegiatan mapping sumber air dengan melakukan survey geolistrik untuk menemukan titik sumber air bawah tanah yang kemudian dilanjutkan dengan pengeboran di lokasi ditemukannya titik sumber air tersebut.

 

Penerima manfaat langsung dari bantuan ini adalah masyarakat RT.14 Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu, Kabupaten PPU. Masyarakat Gunung Intan secara umum menyampaikan ungkapan terima kasih atas bantuan air bersih berupa sumur bor tersebut, sebelumnya mereka kesulitan dalam mencari sumber air bawah tanah di daerah tersebut, beruntung PHKT melalui program CSR dapat membantu memfasilitasinya.

Melalui bantuan Sumur Air ini diharapkan ke depannya dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat penerima manfaat Sumur Air tersebut, khususnya dalam mencegah dan menurunkan angka stunting di wilayah tersebut.

Dengan adanya bantuan Sumur Air dan memfasilitasi pengeboran air bawah tanah, maka masyarakat akan mendapat akses sumber air bersih, dan pada gilirannya diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kualitas sanitasi mereka.

PHKT terus berkomitmen mendukung program pemerintah dalam mengembangkan kualitas hidup masyarakat sekitar melalui berbagai program CSR dan Pemberdayaan Masyarakat secara berkelanjutan, serta membangun kemitraan yang aktif dan memenuhi harapan masyarakat dan pemangku kepentingan di sekitar daerah operasi PHKT.

 

 

 

 

 

 

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Jangan Tertipu Pinjol Abal-abal, Begini Cara Mengetahui Pinjaman Online Terpercaya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Setiap orang pasti pernah mengalami masalah keuangan. Salah satu solusi untuk mengatasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.