PHKT Gelar Pelatihan Dukung Pengembangan UMKM dan Desa Wisata Kersik Pantai Biru

KUKAR, Inibalikpapan.com — Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) kembali mewujudkan komitmennya dalam mendukung Program Pemerintah Kecamatan Marangkayu dan berkontribusi bagi masyarakat Marangkayu melalui program Corporate Social Responsibilities (CSR) di bidang ekonomi.

PHKT bekerja sama dengan Universitas Mulawarman, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), mengadakan pelatihan UMKM di Desa Kersik, Kecamatan Marangkayu, Kalimantan Timur yang bertajuk “PHKT Peduli Penguatan Ekonomi di Masa Pandemi: Pelatihan Optimalisasi Persiapan Desa Kersik Menuju Desa Wisata Pasca Covid-19”. 

Pelatihan UMKM dilaksanakan 19 November 2020, di Desa Kersik, Kecamatan Marangkayu  dengan harapan masyarakat Desa Kersik dapat memperkenalkan potensi wilayah Desa Kersik melalui potensi keindahan pariwisata dan produk-produk andalan dari UMKM-nya.

Pelatihan ini diikuti 40 orang peserta, yang terdiri dari 36 peserta dari Desa Kersik dan 4 peserta dari Desa Prangkat Baru. 

Camat Marangkayu, Rekson Simanjuntak S.Sos,M.Si menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya atas terlaksananya Pelatihan UMKM dalam mendukung desa Kersik menuju desa wisata, karena selama ini masih banyak potensi desa Kersik yang belum diangkat dan dikembangkan, terutama di bidang pariwisata dengan Pantai Biru-nya dan produk UMKM.

Pelatihan ini turut dihadiri oleh Superintendent Santan Terminal PHKT, Binto Iskandar, Assistant Manager CSR PHKT, Dharma Saputra, Wakil Dekan II Fisip Unmul, Dr.Finnah Fourqoniah, Kades Desa Kersik Jumadi, Kades Prangat Baru Fitriani, Direktur Bumdes dan Ketua Kelompok Tani Kopi Luwak desa Prangat Baru. 

Sementara itu, Pjs Manager Relations PHKT, Mira Tripuspita menyampaikan bahwa pelatihan UMKM ini merupakan salah satu wujud komitmen CSR PHKT dalam pilar ekonomi, yang merupakan implementasi Rencana Kerja tahunan Program CSR PHKT Bidang Ekonomi tahun 2020.

Pelatihan ini juga terealisasi berkat kerjasama yang baik antara para pemangku kepentingan di Kecamatan Marangkayu. “Kami harapkan dengan pelatihan UMKM ini dapat meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat Desa Kersik melalui pengembangan produk-produk UMKM maupun selanjutnya untuk mendukung pengembangan potensi pariwisata desa Kersik,” kata Mira.

Dalam kesempatan tersebut, ketua pelaksana pelatihan UMKM desa Kesik, Arwin Sanjaya, juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Marangkayu, PHKT dan para peserta dari pelaku usaha kecil di sekitar Pantai Biru Kersik sehingga pelatihan UMKM ini dapat terlaksana dengan lancar.  

PHKT terus berkomitmen mendukung program pemerintah dalam mengembangkan kualitas hidup masyarakat sekitar melalui berbagai program CSR dan Pemberdayaan Masyarakat secara berkelanjutan, serta membangun kemitraan yang aktif dan memenuhi harapan masyarakat dan pemangku kepentingan di sekitar daerah operasi PHKT.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Simulasi Pencoblosan dan Penghitungan Gunakan Sirekap Tapi Bukan Indikator Utama

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Dalam simulasi pencoblosan dan penghitungan suara, KPU Balikpapan menggunakan penghitungan system informasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.