Pipa Air Baku Alami Kebocoran, Pelayanan IPA Damai Terganggu

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) kembali menginformasikan terkait mengalami kebocoran pipa air baku steel dia 600 mm jalur IPA Kampung Damai di daerah Km 8 Graha Indah. 

Akibat kebocoran teridentifikasi dari penurunan debit air baku yang dikirim dari rumah pompa Waduk Manggar KM. 12 ke IPA Kampung Damai.

Dengan adanya kerusakan tersebut, PTMB akan segara melaksanakan tindakan perbaikan yang direncanakan akan dilaksanakan pada hari Minggu,(5/6/2022) mulai pukul 20.00 Wita, estimasi lama waktu pekerjaan kurang lebih 1 x 24 jam, namun diupayakan waktu penyelesaian pekerjaan lebih cepat lebih baik. 

Berkenaan hal tersebut, maka akan terjadi gangguan pelayanan distribusi air dari IPA Kampung Damai atau mengalami Penurunan Kapasitas Produksi Dan Distribusi Air.

Plt. Direktur Teknik Perumda Tirta Manuntung Balikpapan, M. Kohirudin menyampaikan, bahwa sebelumnya Tim Teknik yang terdiri dari Tim Sumber Air dan Tim Pengendalian Kehilangan Air selama 2 minggu ini sudah berupaya mencari penyebabnya dengan melakukan pemerikaan pada jalur pipa air baku dari Km. 12 ke IPA Km. 8 dan IPA Kp. Damai.

“Tim Teknik akhirnya menemukan titik terang setelah melakukan kegiatan pemeriksaan Air Valve di jalur pipa air baku untuk IPA. Km. 8 dan IPA Kampung Damai,” ujar Kohiruddin. 

Sedangkan,  Plt. Direktur Utama Perumda Tirta Manuntung Balikpapan, Rachmad Julianto menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas terganggunya pelayanan akibat kegiatan ini terutama kepada pelanggan yang sebelumnya pola alirannya tidak normal, pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan ini untuk menjaga pelayanan kepada pelanggan menjadi lebih baik. 

“Saat ini tim teknis tengah berupaya bertindak cepat dengan membuat galian pada jalur pipa yang bocor dan mempersiapkan segala kebutuhan operasional untuk perbaikan,” akunya. 

Baca juga ini :  KPU Balikpapan Persiapan Rekrutmen KPPS

Sementara itu, M. Kohirudin menambahkan, air baku IPA Kampungp. Damai selain di suplai dari Waduk Manggar Km 12 juga memanfaatkan air baku dari sumur bor dalam. Dengan adanya kegiatan ini maka akan menurunkan kapasitas produksi dan distribusi IPA Kampung Damai.

Adapun Pekerjaan perbaikan diupayakan selesai lebih cepat dari target yang ditetapkan sehingga IPA Kampung. Damai berproduksi normal kembali dan dapat melayani para pelanggan yang terganggu alirannya selama proses perbaikan tersebut. 

Untuk normalisasi pelayanan terutama untuk pelanggan terjauh dan tertinggi atau daerah bukit seperti di daerah Balikpapan Tengah dan Balikpapan Barat diperlukan waktu yang cukup untuk normalisasi pelayanan. 

“Mohon doanya dari masyarakat para pelanggan PTMB semoga pekerjaan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan,” harapnya. 

Adapun daerah pelayanan IPA Kampung Damai yang mengalami gangguan pelayanan yaitu Kecamatan Balikpapan Selatan, Kecamatan Balikpapan Kota, Sebagian Kecamatan Balikpapan Tengah dan Kecamatan Balikpapan Barat.

Dimulai dari Simpang Tiga Kampung Damai, Komp. Bank Duta, Perum. Pos dan Giro, Perum. BDS, Perum. BDI, Komp. PLN Pikitring Ring-Road, Gg. Mex, Gg. Teratai, Gg. PLN, Gg. Sampurna, Gg. Orienz, Jl. Al Makmur Dam, Jl. Beller Dam, Jl. Agung Tunggal, Komp. Telkom, Komp. Balikpapan Baru, Sebagian Perum. Daun Village. 

Dimulai dari Simpang Tiga Tugu Beruang Madu Jl. MT. Haryono, Stalkuda, Gn. Bakaran, Sepinggan Raya, Balikpapan Permai, Pasar Baru, Markoni, Klandasan, Pelayaran, Prapatan, JI. Melati, Telogorejo, Jl. Bhayangkara, Jl. Cendrawasih, JI. Dondang, Gn. Malang, Belakang Toko Utama, Gn. Malang Radar, Marbo, JI. Siaga, Markoni Auto 2000, Gn. Guntur, Gn. Rambutan, Gn. Kawi, Kr. Rejo, Muara Rapak, Kr. Anyar, Pandan Sari, Pandan Wangi, Kebun Sayur, Kp. Baru Tengah, JI. Semoi, Jl. 21 Januari, Jl. Sepaku serta seluruh daerah pelayanan IPA Kampung Damai.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.