Menlu Retno Marsudi

Presiden Jokowi dan Pemimpin ASEAN Hadiri Upacara Pembukaan KTT ASEAN

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menghadiri Upacara Pembukaan KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 serta KTT Terkait lainnya di Hotel Sokha, Phnom Penh, Jumat pagi, 11 November 2022.
 
Presiden dan Ibu Iriana Jokowi tiba di Hotel Sokha sekitar pukul 7.50 waktu setempat disambut Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.
 
Bersama pemimpin ASEAN lainnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kemudian menuju Ballroom Hotel Sokha untuk mengikuti upacara pembukaan.
 
Setelahnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama pemimpin ASEAN lainnya berkesempatan meninjau pameran foto dan peluncuran buku “Cambodia’s Contribution to ASEAN”.
 
Setelah upacara pembukaan, Presiden Jokowi kemudian akan mengikuti Sidang Pleno KTT ASEAN ke-40 dan sesi Retreat KTT ASEAN ke-41.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi membeberkan jadwal Presiden Jokowi. Selain menghadiri pembukaan KTT ASEAN, Presiden juga akan melihat pameran foto dan peluncuran buku “Cambodia’s Contribution to ASEAN”.

Setelah itu, Presiden Jokowi diagendakan untuk mengikuti sesi pleno KTT ASEAN ke-40 yang dilanjutkan dengan sesi retreat KTT ASEAN ke-41.

“Besok (Hari ini), 11 November, para pemimpin ASEAN akan melakukan berbagai pertemuan, utamanya adalah KTT ASEAN yang akan dilakukan baik dalam pertemuan pleno maupun dalam bentuk retreat,” ujarnya di Phnom Penh, Kamis malam (10/11/2022).

Pada siang hingga sore harinya, Menlu Retno melanjutkan, Presiden Jokowi akan mengikuti sejumlah KTT dengan mitra wicara ASEAN.

Pertemuan-pertemuan tersebut ialah KTT ASEAN-Republik Rakyat Tiongkok (RRT) ke-25, KTT ASEAN-Republik Korea ke-23, dan KTT ASEAN-PBB.

“Para pemimpin ASEAN juga akan mulai melakukan pertemuan dengan mitra wicara, antara lain dengan RRT, Republik Korea, serta dengan Sekjen PBB,” imbuhnya.

Baca juga ini :  Bea Cukai Kalbagtim Catat Virus Corona Belum Pengaruhi Aktivitas Impor Barang, Ini Sebabnya

Setelah semua rangkaian acara di Sokha Phnom Penh Hotel selesai, Presiden Jokowi akan kembali ke hotel tempatnya bermalam untuk melanjutkan agenda kerja esok hari.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam sesi pembukaan KTT ASEAN Kamboja yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.